Ads Top

Manfaat Tanaman Ciplukan

Manfaat tanaman Ciplukan, tanaman herbal ini merupakan bagian integral budaya Afrika, setidaknya ilmuwan telah mengidentifikasi 21 jenis terapi obat-obatan tradisional Afrika untuk menyembuhkan penyakit. Tanaman herbal tersebut mampu mengobati demam, asma, sembelit, kanker esophagus dan hipertensi. Dimana 16 tanaman yang tumbuh di wilayah Kwa-Zulu telah dianalisa dan delapan diantaranya dapat mengobati tekanan darah tinggi atau hipertensi, salah satunya termasuk Physalis Viscosa.

Tanaman genus Physalis juga dikenal sebagai ceri tanah, Ciplukan atau Cepluk, buah Lentera China, tanaman ini memiliki sejarah panjang sebagai ramuan obat di India dan Timur Tengah. Tanaman Physalis mengandung Lakton Steroid, yang juga berfungsi sebagai Withanolides. Withanolides berpotensi sebagai Anti-kanker, anti-inflamasi dan Apoptosis. Manfaat efek Withanolides pada tanaman Ciplukan dianggap sebagai pertahanan terhadap herbivora, dimana zat ini telah terbukti ampuh sebagai anti-makan serta imunosupresan pada serangga. 

Manfaat Tanaman Ciplukan


Dalam bertahan hidup untuk mengusir herbivora, banyak tanaman mempertahankan diri dengan cara memproduksi zat beracun atau jera. Selama evolusi, beberapa serangga telah berhasil beradaptasi dengan kimia defensif yang dihasilkan dari tanaman inang sehingga mampu menghindari mekanisme pertahanan tanaman. 

Physalis, Tanaman Ceplukan

Tidak ada komentar: