Ads Top


Menghisap Ganja Mengurangi Motivasi Bekerja Mendapatkan Uang

Dalam studi terakhir bulan lalu, imuwan menemukan bahwa efek menghisap ganja (jenis tanaman Cannabis Sativa) akan membuat orang kurang bersedia bekerja untuk mendapatkan uang, ini hampir sama dengan bekerja sosial tanpa memikirkan upah yang akan diperoleh. Penelitian ini diterbitkan dalam jurnal Psychopharmacology, dimana hasil tes menunjukkan efek ganja jangka pendek pada motivasi manusia. 

Menghisap Ganja, Daun Ganja Cannabis Sativa

Studi ini menguji orang yang kecanduan ganja dimana tingkat motivasi mereka tidak berbeda dengan relawan pada kelompok terkontrol. Para ilmuwan membandingkan orang yang tergantung pada ganja dengan kontrol sama, ketika mereka tidak mabuk dan hasil tidak menemukan perbedaan dalam motivasi. Menurut Dr Will Lawn dari UCL Clinical Psychopharmacology, ganja umumnya dianggap mengurangi motivasi tetapi kali ini merupakan yang pertama kalinya dan diukur menggunakan ukuran sampel yang sesuai dan metodologi. 

Studi Efek Menghisap Ganja


Sekitar 57 orang relawan dilibatkan dalam penelitian yang terdiri dari dua studi terpisah. Diantaranya 17 orang relawan semua menggunakan ganja hanya sesekali. Mereka menghisap uap ganja pada satu kesempatan dan uap plasebo pada kesempatan terpisah, mereka langsung menyelesaikan tugas yang dirancang untuk mengukur motivasi dengan tujuan mendapatkan uang. 

Menghisap ganja jangka panjang mungkin saja memiliki masalah dengan motivasi, bahkan ketika mereka tidak sedang 'tinggi' (mengkonsumsi). Temuan ini menjelaskan penggunaan ganja jangka panjang mungkin tidak mengakibatkan masalah motivasi ketika berhenti menggunakannya. 

Dalam setiap tugas yang diberikan, relawan bisa memilih apakah mereka bisa menyelesaikan tugas mudah atau sulit untuk mendapatkan sejumlah uang. Hasil tes menjelaskan bahwa orang-orang yang berada dibawah pengaruh ganja secara signifikan lebih cenderung memilih opsi yang sulit, rata-rata para relawan memilih opsi upaya yang tinggi untuk mendapatkan sejumlah uang.

Dalam studi kedua, relawan yang melibatkan 20 orang kecanduan ganja berbaur dengan 20 peserta yang memiliki tingkat sama dengan penggunaan narkoba non-ganja. Peserta tidak diperbolehkan mengkonsumsi alkohol atau obat-obatan selain tembakau atau kopi, hal ini dilakukan selama 12 jam sebelum penelitian. Mereka kemudian diminta untuk melakukan tugas motivasi yang sama seperti peserta dalam studi pertama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa relawan pecandu ganja tidak termotivasi daripada kelompok terkontrol sebelumnya. Ini menjelaskan bahwa pecandu yang menghisap ganja bekerja tanpa memikirkan nilai akhir, reward, ataupun upah yang akan diperoleh.

Referensi

Cannabis reduces short-term motivation to work for money, by University College London, 2 September 2016. Cannabis Sativa, image courtesy of Wikimedia Commons.

Tidak ada komentar: