Ads Top

Cara Mengatasi Kulit Sensitif Secara Alami Dalam Waktu Singkat

Ketika seorang wanita merasa kulitnya sensitif dan tampak kusam, tidak berseri, kemudian mulai bertanya bagaimana cara menghilangkan atau mengatasi kulit sensitif secara alami dalam waktu singkat? Kulit sensitif termasuk jenis yang sangat kering sehingga rentan berbagai masalah, terutama di wajah. 

Beberapa ilmuwan Biomedis menganggap kulit sensitif sangat rentan terhadap reaksi biologis seperti bisul atau benjolan kulit dan jerawat. Adapula yang mengalami erosi kulit dan kulit cenderung merah seperti terkena panas. Dibeberapa studi telah dijelaskan bahwa kulit kering umunya tidak bisa melindungi ujung saraf yang terdapat pada kulit. Penyebab lain karena gangguan kulit seperti alergi, jamur atau eksim, rosasea, dan kontak alergi. Hal ini menyebabkan reaksi kulit sensitif dan mengakibatkan wajah ayu tak tampak berseri lagi.

Bagaimana dengan faktor lingkungan? Apakah sangat berpengaruh terhadap kulit sensitif? Paparan sinar matahari, angin, dingin dan panas berlebihan, juga dapat menyebabkan kulit sensitif bereaksi. Kemudian faktor genetik yang diturunkan orang tua juga menyebabkan kulit mengalami peningkatan sensitivitas.

Cara Mengatasi Kulit Sensitif Secara Alami, mandi bunga

Yang paling ekstrim bagi orang yang memiliki jenis kulit seperti ini, kulit sensitif sangat bereaksi terhadap paparan sinar matahari, bahan kimia, dehidrasi, dan perlengkapan kosmetik yang tidak sesuai dengan jenis kulit. Situasi ini bisa menyebabkan kekeringan pada kulit, gatal dan kemerahan, dan kondisinya tergantung tingkat sensitivitas kulit. Jika Anda memiliki jenis kulit seperti ini, sangat bereaksi dan rapuh di berbagai aktifitas, maka diperlukan perawatan ekstra dan butuh perhatian khusus sehingga bisa mengatasi kulit sensitif secara alami dalam waktu singkat.

Cara Mengatasi Kulit Sensitif Secara Alami


Beberapa cara alami berikut bisa membantu Anda untuk mengatasi kulit sensitif secara alami dalam waktu singkat. Diantaranya dengan meminum segelas air lemon hangat dicampur madu setiap pagi, 30 menit sebelum sarapan. Jangan gunakan lemon atau jeruk nipis untuk membersihkan kulit yang sensitif, terlebih ketika mengalami infeksi dan meradang. Diyakini, vitamin C serta antioksidan lain didalam lemon akan membantu memerangi kerusakan radikal bebas, mengangkat sel kulit mati, dan membersihkan darah dari racun berbahaya. 

Umumnya wanita sudah mengenal air mawar karena dikenal memiliki sifat pendingin, astringent, antiseptik, sifat anti-peradangan dan antioksidan alami untuk menjaga kulit sensitif. Air mawar akan menyeimbangkan tingkat pH kulit dan tidak akan membuat kulit terlalu berminyak atau seimbang. Sejauh ini, belum ada reaksi apapun terkait penggunaan air mawar alami. Bahkan dikenal sebagai pencegah kulit keriput dan mengencangkan pori-pori. Gunakan air mawar pada wajah sebelum tidur, disertai pijatan kecil dan lembut. Air mawar juga bisa dijadikan sebagai bahan campuran untuk berendam, campurkan 2 cangkir air mawar kedalam bak mandi.

Untuk permukaan kulit wajah, gunakan minyak kelapa murni (Virgin Coconut Oil) untuk menyembuhkan Psoriasis, dermatitis, dan eksim. Minyak kelapa murni telah dikenal ampuh untuk mengatasi permasalahan kulit karena memiliki anti-peradangan dan antimikroba, dan mampu melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari. Gunakan sebelum tidur dengan cara mengoleskan minyak kelapa di wajah, lengan, dan kaki, kemudian pijat perlahan dan bilas dengan bersih di pagi hari. Usahakan berendam di dalam bak mandi, selama 15 hingga 30 menit. Campurkan 1 cangkir minyak kelapa murni VCO kedalam bak air mandi, kondisi air hangat kuku sehingga tubuh terasa nyaman. 

Salah satu material yang bagus untuk menjaga kulit dan mampu mengatasi kulit sensitif secara alami dalam waktu singkat adalah susu murni. Susu murni telah lama dianggap sebagai pembersih yang sangat baik untuk kulit sensitif. Susu murni memiliki sifat anti-peradangan, melembabkan, membantu mengatasi kulit kering dan gatal. Caranya cukup mudah, celupkan kapas dalam susu mentah dan oleskan di wajah, biarkan selama 15 menit kemudian bilas dengan air hangat. Ada juga dengan cara membuat masker pelembap dari susu murni, campurkan susu dengan setengah sendok teh kacang garbanzo atau chickpea yang dihaluskan, ditambah beberapa tetes madu dan air mawar. Oleskan pada wajah dan leher, biarkan selama 10 menit kemudian bilas dengan air hangat. 

Untuk menghilangkan dan mengatasi kulit sensitif secara alami dalam waktu singkat, jangan lupa mengkonsumsi makanan sehat seperti sayur dan buah segar. Minyak zaitun, bawang putih, kunyit, jahe, bayam, blueberry dan alpukat, jenis makanan ini mengurangi peradangan dan bermanfaat untuk kulit sensitif. Hindari makanan berlemak dan makanan mengandung gluten seperti pada gandum, jelai, dan makanan sejenis kedelai, telur, anggur merah, makanan berlemak dan bersantan.

Tidak ada komentar: