Ads Top

Makanan Untuk Kesehatan Rambut Dan Kuku Setiap Hari

Bagaimana menjaga makanan untuk kesehatan rambut dan kuku agar tetap teratur dan bermanfaat untuk tubuh? Berbagai penelitian selama beberapa tahun telah banyak membuat orang tampak lebih cantik dengan kosmetika dan berbagai jenis produk perawatan kulit. Dan saat ini telah banyak media yang menyajikan informasi tentang makanan bergizi yang dibutuhkan untuk perkembangan rambut dan kuku. Penelitian membuktikan bahwa pengaruh nutrisi pada kulit sangat penting, bagaimana mencegah kekurangan nutrisi menyebabkan kulit lebih rentan terhadap gangguan lingkungan dan bakteri.

Makanan Kesehatan Rambut Dan Kuku


Selama puluhan tahun, ilmuwan telah menguji kuning telur mengandung nutrisi penting diantaranya biotin atau vitamin B7. Biotin dapat membantu kekurangan nutrisi tubuh dan mencegah kuku menjadi rapuh dan rambut rontok. Kandungan nutrisi lainnya adalah vitamin B12, zat besi dan zinc. Kuning telur mengandung Kolin sebagai zat anti inflamasi, sehingga bisa mengurangi rasa sakit pada penderita inflamasi seperti Osteoporosis atau Arthritis.

makanan untuk kesehatan rambut dan kuku, rambut kering

Kacang-kacangan telah dikenal mengandung asam lemak sehat, kaya vitamin E dan berbagai vitamin lainnya, antioksidan, mineral, dan yang paling penting mengandung selenium. Selenium sangat bermanfaat untuk kesehatan rambut dan kulit kepala, khususnya untuk kulit kepala yang kering dan mudah berketombe. Kacang almond memiliki kadar protein tinggi, mengandung magnesium dan lemak baik. Protein berfungsi untuk produksi keratin, zat penyusun rambut dan kuku, serta perbaikan sel rambut tetap kuat dan cepat tumbuh. Magnesium berfungsi meredakan stres pada rambut rontok, dan lemak menjaga kelembaban kulit kepala.

Alpukat telah dikenal sebagai nutrisi yang sangat baik untuk perkembangan kesehatan kulit, rambut, dan kuku. Buah ini mengandung vitamin E, lemak baik dan tinggi serat, serta vitamin C. Selama ini, vitamin E dapat membantu melindungi kulit dari radiasi sinar UV dan mencegah terjadinya berbagai proses peradangan yang dapat menyebabkan kerusakan pada kulit. Saat ini minyak alpukat sudah ditambahkan kedalam produk kosmetik, sehingga bisa membantu dalam mengobati Psoriasis, penyakit kulit yang menyebabkan iritasi dan kemerahan. Kandungan antioksidan karetanoid utama buah alpukat adalah Alpha-carotene, beta-carotene, beta-cryptoxanthin, chrysanthemaxanthin, lutein, neochrome, neoxanthin, violaxanthin, dan zeaxanthin.

Makanan untuk kesehatan rambut dan kuku bisa diperoleh dari minyak zaitun. Minyak essential mengandung vitamin E dan polifenol sebagai antioksidan yang dapat melawan efek radikal bebas untuk mencegah proses penuaan dini. Selain itu, minyak zaitun juga mengandung vitamin A, C, D, E, K, asam lemak tak jenuh, asam maristat, asam arachidat, asam palmitat, asam stearate, dan lignoserat. Kandungan polifenol berfungsi sebagai flavonoid, berperanan aktif sebagai antioksidan dan menghambat proses oksidasi kolesterol jahat, dan membantu mengatasi kulit sensitif

Minyak zaitun dapat memanjangkan rambut dan tebal, mengatasi rambut rusak, mencegah rambut rontok, dan menghilangkan ketombe. Caranya cukup mudah, campurkan 1 sendok makan minyak zaitun dengan shampoo, biarkan selama beberapa menit dan kemudian cuci hingga bersih. Selain minyak zaitun, ekstra minyak kelapa murni juga bermanfaat mencegah kerontokan rambut karena mamiliki zat lauric acid.

Makanan untuk kesehatan rambut dan kuku bisa diperoleh dari fermentasi yang mengandung probiotik, vitamin, dan enzim. Makanan fermentasi juga membawa bakteri menguntungkan ke dalam saluran pencernaan sehingga usus bekerja lebih baik dan meningkatkan kesehatan. Penelitian telah menemukan bahwa Rosacea disebabkan oleh peradangan di saluran pencernaan yang tidak sehat. Sehingga bakteri menguntungkan sangat dibutuhkan tubuh untuk mencegah peradangan pada pencernaan. Makanan fermentasi biasanya menghasilkan produk sampingan Glutation (GSH) yang befungsi sebagai antioksidan kuat.

Bayam telah dikenal sebagai sayuran hijau diseluruh dunia, sayuran ini mengandung fitonutrien. Selain itu, bayam juga mengandung nutrisi Lutein dan Beta Karoten untuk meningkatkan elastisitas kulit. Sayuran hijau umumnya mengandung vitamin C yang dianggap sebagai antioksidan kuat sebagaai makanan untuk kesehatan rambut dan kuku, serta memperbaiki kerusakan kulit akibat radiasi sinar UV. Vitamin C pada sayur dan buah dapat meningkatkan produksi kolagen, membantu mengencangkan kulit, dan meningkatkan elastisitas kulit.

Tidak ada komentar: