Ads Top

Manfaat Omega 3 Untuk Ibu Hamil, Kurangi Resiko Asma Pada Anak

Studi terakhir menyebutkan, manfaat omega 3 untuk ibu hamil dan konsumsi asam lemak tertentu selama masa kehamilan dapat membantu pencegahan asma pada anak nantinya. Konsumsi ini mengurangi resiko hampir mencapai kemungkinan sepertiga persen. Studi ini telah dibuktikan oleh ilmuwan dari Copenhagen Prospective Studies - Asthma in Childhood (COPSAC) dan University of Waterloo, pada akhir tahun ini. Seluruh hasil penelitian diterbitkan dalam New England Journal of Medicine.

Manfaat Omega 3 Untuk Ibu Hamil

Para ilmuwan menganalisis sampel darah dari 695 wanita Denmark pada usia kehamilan 24 minggu dan satu minggu setelah melahirkan. Kemudian memantau status kesehatan setiap anak selama lima tahun, secara klinis diusia ini sering muncul gejala asma pada anak. 

Manfaat Omega 3 Untuk Ibu Hamil


Disebutkan bahwa wanita yang yang diberi resep suplemen Omega-3 sebanyak 2,4 gram selama semester ketiga masa kehamilan akan mengurangi risiko serangan asma pada anak hingga 31 persen. Rantai lemak omega-3 asam terdiri dari Eicosapentaenoic Acid (EPA) dan Docosahexaenoic Acid (DHA) yang berfungsi untuk mengatur respon kekebalan tubuh manusia. Asam lemak ini biasanya ditemukan pada ikan yang hidup di air dingin.

Menurut Profesor Hans Bisgaard dari COPSAC, mereka sudah lama menduga adanya hubungan antara sifat anti-inflamasi pada rantai panjang lemak Omega-3. Bagaimana pengaruh kekurangan asupan omega-3 dalam diet ibu hamil di Barat dan peningkatan resiko asma pada anak. Studi ini membuktikan bahwa manfaat omega 3 untuk ibu hamil merupakan definitif dan secara signifikan sangat terkait dengan munculnya penyakit asma.

Para ilmuwan menggunakan teknik analisis yang cepat dan dikembangkan oleh laboratorium University of Waterloo untuk mengukur kadar EPA dan DHA dalam darah wanita hamil. Laboratorium Universitas ini merupakan salah satu dari beberapa laboratorium di dunia yang dilengkapi untuk menjalankan tes resiko asma dan asam lemak. Pengukuran status gizi dan kadar omega-3 dalam darah wanita hamil dinilai akurat dan tepat. Laboratorium ini dilengkapi peralatan untuk mengukur asam lemak dengan cepat dan tepat serta hemat biaya.

Pengujian juga mengungkapkan bahwa wanita yang cukup mendapatkan asupan EPA dan DHA dari suplemen, akan mengurangi risiko relatif sebesar 54 persen. Sehingga pencegahan asma pada anak mereka mampu diatasi secara alami yang terbentuk dari dalam tubuh. Proporsi wanita dengan EPA dan DHA rendah dalam darah wanita ditemukan lebih tinggi diwilayah Kanada dan Amerika Serikat dibandingkan dengan Denmark. Sementara resiko wanita di Amerika Utara jauh lebih besar karena kekurangan asupan omega-3.

Menurut Profesor Bisgaard, penyakit asma dan gangguan sesak napas ditemukan lebih dari dua kali lipat di negara-negara Barat dalam beberapa dekade terakhir. Saat ini, satu dari lima anak-anak menderita asma atau gangguan pernafasan sebelum memasuki usia sekolah. Studi medis saat ini tengah berjuang untuk melakukan pencegahan dengan cara mengembangkan manfaat omega 3 untuk ibu hamil. 

Referensi

  • Omega-3 supplements can prevent childhood asthma, 29 dec 2016, by University of Waterloo.
  • Fish Oil–Derived Fatty Acids in Pregnancy and Wheeze and Asthma in Offspring. New England Journal of Medicine, 2016; 375 (26): 2530 DOI: 10.1056/NEJMoa1503734

1 komentar: