Ads Top

Metastasis Kanker Payudara, Patofisiologi Ca Mammae


Penelitian terakhir tentang metastasis kanker payudara menyebutkan bahwa sebelum tumor berkembang, sel-sel kanker payudara menyebabkan perubahan molekul sehingga dapat menyebar ke organ lain. Menurut studi Icahn School of Medicine dan Universitas Regensburg di Jerman, sifat sel ini akan tetap tenang dalam jangka waktu yang lama, kemudian muncul secara agresif sehingga menyebabkan metastasis kanker payudara mematikan.

Studi tentang kanker diterbitkan dalam jurnal Nature, dan dilakukan pada hewan dan diuji dalam sampel manusia. Penelitian ini memecahkan misteri bagaimana bentuk metastasis kanker payudara tanpa tumor primer, uji penyebaran awal dan metastasis, selain itu tumor primer secara klinis mungkin tidak pernah berkembang.

Metastasis Kanker Payudara


Tim ilmuwan dari Universitas Regensburg telah menemukan bahwa sel-sel kanker bisa menyebar tidak hanya dengan cara bermutasi, tetapi juga bisa menyebar dengan menyebarkan sel. Tetapi ilmuwan masih belum mengetahui, bagaimana lesi kanker dini bisa berkembang dengan ciri-ciri tumor ganas tidak diketahui.

Metastasis Kanker Payudara, Patofisiologi Ca Mammae

Studi ini menjelaskan dua perubahan sel kanker payudara, onkogen dan perubahan tumor supresor, dimana sel termotivasi berpindah dari jaringan payudara ke paru-paru ataupun ke bagian tubuh lainnya. Disebutkan, ada kemungkinan sel-sel ini hidup tenang sampai berganti menjadi pertumbuhan aktif dan metastasis berkembang di organ paru-paru.

Menurut tim ilmuwan, penelitian ini memberikan wawasan baru dalam mekanisme penyebaran kanker dini dan menjelaskan fenomena yang tidak dapat diungkapkan. Mengapa diantara 5 persen pasien kanker di seluruh dunia memiliki metastasis kanker, tetapi tidak ditemukan tumor asli? Dan mengapa begitu sulit mengobati kanker yang telah menyebar?

Secara biologis, model baru metastasis kanker payudara awal akan mengubah segala sesuatu yang digunakan dalam ilmu kedokteran. Setidaknya menambah wawasan dan pola pikir tentang bagaimana kanker menyebar dan membentuk metastasis. Sebagian besar penyebaran sel-sel awalnya tetap aktif dan kemoterapi bertarget hanya ditujukan pada sel-sel proliferatif. Sel pertama dalam penyebaran kanker akan menyembunyikan dirinya dari terapi konvensional, sekalipun itu tumor primer mematikan.

Studi ini justru telah memunculkan pertanyaan baru tentang bagaimana awal penyebaran sel-sel yang mendukung perkembangan metastasis kanker. Apakah sel ini berkembang sendiri, mengatur tempat tinggalnya dan kemudian sel tumor awal tidak terdeteksi? Penelitian ini diharapkan bisa mengungkap mekanisme biologis baru diseminasi awal yang harus dieksplorasi, untuk memahami bagaimana menargetkan benih metastasis.

Awal penyebaran sel kanker adalah perluasan dari proses normal yang menciptakan pohon percabangan di saluran ASI wanita. Dua jalur utama akan aktif dalam proses p38 dan HER2 onkogen. Proses p38 mampu merangsang HER2 yang akan mengaktifkan modul EMT (Epithelial to Mesenchymal Transition). EMT membantu pergerakan sel selama embriogenesis dan pengembangan jaringan. Klein juga membantu perkembangan reseptor Progesteron yang mengontrol percabangan pohon Ca Mammae.

Pohon Ca Mammae berkembang, p38, HER2, dan EMT, merupakan jalan alternatif yang menghidupkan dan mematikan. Semuanya bekerjasama dengan Progesteron yang memungkinkan sel-sel payudara bergerak melalui kelenjar susu, melubangi tubular, menciptakan cabang jaringan saluran susu yang mengalir ke puting. Ini merupakan proses normal dalam perkembangan kanker payudara.

Tapi dalam percobaan ini penjelasannya berbeda, jika HER2 termasuk over-aktif atau bermutasi, dan p38 secara permanen dimatikan, EMT secara terus-menerus aktif, hal ini memungkinkan sel bergerak keluar dari kelenjar susu dan berpindah ke organ lain melalui darah. Proses serupa juga terjadi pada penyebaran awal dan metastasis kanker lainnya, termasuk Melanoma dan kanker Pankreas. Bahkan, penyebaran awal kanker pankreas juga telah dikaitkan dengan proses EMT.

Referensi



Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.