Ads Top


Obesitas Tipe 1 Terjadi Pada Remaja Disebabkan Gadget

Studi terakhir tentang obesitas tipe 1 menjelaskan, bahwa ketika anak-anak dan remaja terlalu banyak menonton televisi dan menggunakan gadget, risiko kegemukan akan meningkat. Semakin banyak menghabiskan waktu didepan layar perangkat lain, seperti tablet dan smartphone, maka dampak obesitas tipe 1 jauh lebih parah daripada menonton televisi. 

Obesitas Tipe 1, remaja pakai smartphone


Penelitan ini tertulis dalam sebuah studi baru yang dipublikasikan The Journal of Pediatrics. Ilmuwan menjelaskan bahwa anak-anak dan remaja yang menghabiskan lebih banyak waktu pada perangkat layar gadget dan menonton televisi berdampak sangat rentan terhadap obesitas. 

Gadget Dan SosMed Penyebab Obesitas Tipe 1


Penggunaan gadget dikalangan anak-anak dan remaja saat ini telah berkembang luas, sepertinya hampir tidak ada batasan diantara mereka. Perkembangan teknologi ini telah mengubah pola aktifitas manusia, sebelumnya lebih banyak bergerak tetapi kini bisa duduk santai dirumah sambil berbincang jarak jauh. Teknologi telah mendorong kurangnya gerak tubuh manusia, sehingga setiap orang bisa melakukan apapun tanpa beraktifitas. Tetapi semua ini ada dampaknya, terlebih pada usia remaja yang masih membutuhkan aktifitas untuk membantu perkembangan tubuh.

Selama penelitian berlangsung, Dr Erica dan Dr. Steven dari Harvard TH Chan School of Public Health, telah mempelajari data dari tahun 2013 hingga 2015, diantaranya termasuk 24800 remaja kelas 9 hingga 12. Survei ini mengumpulkan data sebagai berikut: 
  1. Berapa lama mereka menghabiskan waktu didepan perangkat layar, termasuk smartphone, tablet, komputer, videogame, dan menonton televisi. 
  2. Rata-rata jam tidur malam dihari sekolah.
  3. Konsumsi minuman bergula dalam 7 hari sebelumnya.
  4. Frekuensi aktivitas fisik, minimal 60 menit per hari selama 7 hari terakhir.

Dari riset ini ditemukan hampir 20 persen remaja telah menghabiskan lebih dari 5 jam sehari didepan layar smartphone, tablet, komputer, dan videogame. Sementara 8 persen diantaranya menonton televisi lebih dari 5 jam sehari. Menurut studi, terlalu banyak menonton televisi dikaitkan dengan meningkatnya obesitas dan pola makan yang buruk di kalangan remaja. 
Ilmuwan juga membuktikan bahwa 43 persen remaja akan mengalami obesitas tipe 1. Mereka menghabiskan waktu pada perangkat gadget lebih dari 5 jam sehari akan berdampak 'dua kali lebih mungkin' mengkonsumsi minuman manis setiap hari, umumnya tidak cukup tidur dan kurang aktivitas fisik. 

Studi ini tidak bisa menyimpulkan secara pasti bahwa menggunakan perangkat smartphone akan menyebabkan tingkat yang lebih tinggi daripada obesitas biasa. Dr. Kenney menjelaskan, penelitian obesitas tipe 1 akan memaksa peran orang tua dalam membatasi keterlibatan anak-anak dan remaja dengan perangkat gadget lainnya. Hal ini penting dalam menjaga kesehatan dan membatasi waktu menonton televisi, sehingga tidak terlalu banyak waktu didepan perangkat modern atau lebih banyak aktifitas diluar rumah. 

Referensi

  • United States Adolescents' Television, Computer, Videogame, Smartphone, and Tablet Use: Associations with Sugary Drinks, Sleep, Physical Activity, and Obesity. The Journal of Pediatrics, 2016; DOI: 10.1016/j.jpeds.2016.11.015
  • Young people using their smartphones, image by Wikimedia Commons

Tidak ada komentar: