Ads Top

Sayuran Microgreens, Tumbuhan Obat Kolesterol Tinggi


Sayuran microgreens tampaknya menjadi tak hanya menjadi salah satu tumbuhan obat kolesterol tinggi, tetapi juga sebagai sajian mewah di restoran kelas atas, bahkan penanaman microgreens bisa dikembangkan di kebun rumah. Umumnya, restoran mewah ini menyajikan resep lama dengan intens rasa dan warna, serta dikemas dengan nutrisi tinggi. 

Pengujian terakhir soal sayur microgreens menunjukkan bahwa tikus yang diteliti dengan diet tinggi lemak diberi asupan makanan sayur microgreens kubis merah. Studi ini mengatakan bahwa asupan itu telah membantu menurunkan risiko perkembangan penyakit jantung dan mengurangi berat badan. Hasil analisis tersebut diterbitkan ACS 'Journal of Agricultural and Food Chemistry.

Sayuran Microgreens Menurunkan Kolestrol Tinggi


Studi sayuran microgreen telah dikenal sebagai tumbuhan obat kolesterol tinggi, sumber nutrisi tinggi, setidaknya mengandung gizi enam kali lebih banyak daripada sayuran yang lebih tua. Beberapa tanaman sayur microgreen di Indonesia lebih banyak mengembangkan tanaman lokal, seperti kecambah kacang hijau atau tauge, kemangi, bayam, lobak, kangkung, dan mungkin akan bertambah banyak mengingat metode penanaman sayur microgreen cukup mudah.


Sayuran microgreens memang tampak lembut dan mungil, tanaman ini dihasilkan dari masa panen muda sekitar satu atau dua minggu, atau belum mencapai dewasa. Pertumbuhan tanaman mungil ini menunjukkan bahwa microgreens bisa memberikan manfaat kesehatan lebih baik daripada dipanan masa dewasa. Penelitian telah menunjukkan bahwa microgreens kubis merah dapat membantu menjaga tubuh dari kolesterol yang berlebihan. 

Menurut Thomas T.Y. Wang dan ilmuwan lainnya, sayur microgreens kubis merah mungkin memiliki efek yang sama dengan yang lain dan bahkan lebih besar manfaatnya daripada kubis dewasa. Hipotesis ini diuji menggunakan model tikus obesitas, dimana hewan ini juga cenderung mengembangkan kolesterol tinggi dan faktor risiko lain pada penyakit kardiovaskular. 

Setidaknya, para ilmuwan membagi 60 tikus eksperimen ke dalam kelompok diet yang berbeda. Setiap hewan menerima makanan rendah lemak atau tinggi lemak, dengan atau tanpa sayuran microgreens kubis merah atau kubis merah dewasa. 
Studi menunjukkan bahwa mengkonsumsi sayur microgreens lebih berpotensi menurunkan kolesterol Polifenol dan Glucosinolates daripada mengkonsumsi kubis dewasa. Jenis ini dianggap sebagai tumbuhan obat kolesterol tinggi, mampu membantu menurunkan LDL (Jahat) penyebab kolesterol dan menurunkan tingkat Trigliserida hati.
Budidaya Microgreens tumbuh dengan cepat dari penyemaian biji, berkembang dengan cahaya yang cukup dengan kelembaban yang memadai. Usahakan menggunakan bibit microgreens organic atau bebas fungisida, kemudian tabur di media campuran pengganti tanah seperti cocopeat dan gabah padi, kemudian tunggu selama 1-3 minggu.

Ketika benih sudah berkecambah, tambahkan cairan rumput laut ke dalam botol air. Rumput laut memiliki trace element yang sangat baik untuk pertumbuhan, cairan terbuat dari rumput laut kering yang direndam kedalam air bersih selama beberapa hari. Kemudian disemprotkan pada kecambah setiap hari, tehnik ini berguna untuk menambah rasa dan meningkatkan nutrisi.

Setelah berkecambah, pot tray semai bisa dipindahkan agar terkena sinar matahari tetapi tidak secara langsung, atau pindahkan ke greenhouse. Rawat tanaman setiap hari dengan menyemprot microgreens sampai setinggi 2,5 – 10 cm. Ketika mencapai usia 2 hingga 3 minggu, microgreens sudah siap dipanen dan gunakan alat pemotong yang steril.

Referensi

  • Red Cabbage Microgreens Lower Circulating Low-Density Lipoprotein (LDL), Liver Cholesterol, and Inflammatory Cytokines in Mice Fed a High-Fat Diet. Journal of Agricultural and Food Chemistry, 2016; 64 (48): 9161 DOI: 10.1021/acs.jafc.6b03805
  • Broccoli Sprouts, image by Wikimedia Commons


Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.