Ads Top

Apel Menghilangkan Bau Bawang Putih Pada Mulut


Anda pasti sangat terganggu dengan bau nafas tak sedap ketika berbicara, bagaimana apel menghilangkan bau bawang putih pada mulut? Banyak orang yang tidak menyukai bawang putih, tetapi sebagian besar orang di Asia justru menyukai cita rasa masakan yang dicampur dengan bawang putih. Masakan tradisional di Asia Tenggara selalu menggunakan aroma rempah dan bawang. Tetapi setelah menyantap habis makanan lezat, bau bawang putih sering melekat di mulut dan menimbulkan bau tak sedap.

Apel Menghilangkan Bau Bawang Putih Pada Mulut

Sekarang, ilmuwan telah berhasil menemukan solusi terbaik untuk mengatasi bau mulut tak sedap. Fungsi buah apel menghilangkan bau bawang putih pada mulut menggunakan bahan alami dan juga sebagai makanan tinggi serat. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Food Science menjelaskan bahwa makan apel mentah atau selada dapat membantu Anda mengurangi bau bawang putih pada mulut.

Apel Menghilangkan Bau Bawang Putih Pada Mulut


Para ilmuwan dari Ohio State University memberi tiga gram bawang putih kepada setiap peserta. Setelah itu mereka diminta untuk mengunyah selama 25 detik dan kemudian meminum air. Selanjutnya peserta diminta untuk memakan buah apel atau selada mentah, jus apel dan selada, selada dan apel yang dimasak, daun mint mentah ataupun dijus, serta teh hijau. Dalam hal kasus bau mulut bawang putih disebabkan oleh zat volatil termasuk Diallyl disulfide, Allyl Mercaptan, Allyl Methyl Disulfide, dan Allyl Methyl Sulfide. Analisa tingkat volatil pada bau nafas menggunakan spektrometri massa tabung, sehingga nilai lebih akurat. Hasil studi menjelaskan: 
  1. Apel dan selada mentah menyebabkan penurunan konsentrasi volatil pada napas sebesar 50 persen atau lebih dibandingkan dengan 30 menit pertama. 
  2. Daun mint memiliki tingkat bau mulut yang lebih tinggi dibandingkan dengan buah apel dan selada mentah untuk semua pengukuran senyawa volatil. 
  3. Jus apel dan jus mint bisa mengurangi tingkat volatil, tetapi tidak semaksimal mengunyah apel mentah atau mint. 
  4. Jika apel dan selada dimasak (dipanaskan) menghasilkan penurunan volatil yang signifikan. 
  5. Teh hijau juga mampu menghilangkan bau bawang putih pada mulut.


Kesimpulan para ilmuwan, makanan yang menghilangkan bau bawang putih pada mulut bisa cepat melalui dua mekanisme. Mekanisme pertama menggunakan enzim dalam makanan mentah yang membantu untuk menghancurkan bau. Mekanisme selanjutnya, senyawa fenolik didalam makanan mentah akan menghancurkan zat volatil. Inilah sebabnya mengapa apel dan selada mentah umumnya lebih efektif menghilangkan bau bawang putih pada mulut, karena mengandung enzim dan senyawa fenolik.

Jadi, Anda tidak perlu khawatir dengan makanan yang menggunakan bahan bawang putih dengan aroma khas, menyengat. Rasa percaya diri akan muncul kembali setelah memakan sebuah apel segar ataupun mengunyah selada mentah setelahnya.

  • Referensi studi ini diterbitkan dalam jurnal "Deodorization of Garlic Breath by Foods, and the Role of Polyphenol Oxidase and Phenolic Compounds". Journal of Food Science, 2016; DOI: 10.1111/1750-3841.13439
  • Study Finds Apple and Lettuce Can Remedy Garlic Breath, 22 September 2016, by Institute of Food Technologists (IFT). 
  • Not all apples are alike, image courtesy of Wikimedia Commons


Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.