Ads Top

Manfaat Buncis Untuk Diet, Kaya Serat Sedikit Protein


Bagaimana manfaat buncis untuk diet dan kesehatan? Makanan yang berasal dari kacang-kacangan seperti buncis dan kacang polong lebih mengenyangkan daripada makanan yang terbuat dari daging babi dan sapi. Pendapat ini diperoleh berdasarkan sebuah studi terbaru dari University of Copenhagen "Beans and peas increase fullness more than meat" terbit 08 Desember 2016. Mereka telah membuktikan bahwa makan buncis berkelanjutan juga dapat membantu penurunan berat badan.

Manfaat Buncis Untuk Diet

Umumnya orang berkeyakinan, mengkonsumsi banyak protein meningkatkan rasa lebih kenyang. Tetapi sekarang kita bisa makan makanan kaya serat dengan sedikit protein, dan mencapai sensasi rasa kenyang yang sama. Tampak makanan yang terbuat dari buncis dan kacang polong berfungsi untuk menurunkan berat badan dan bisa menjadi kebiasaan yang berkelanjutan. 

Manfaat Buncis Untuk Diet


Berbagai makanan berasal dari tanaman dan sayuran saat ini telah direkomendasikan sebagai makanan diet modern. Beberapa ahli kesehatan menyarankan konsumsi protein tinggi untuk membantu penurunan berat badan atau mencegah hilangnya usia massa otot. Apabila Anda kekurangan protein dari daging seperti daging sapi dan babi, maka sebaikanya mengkonsumsi lebih banyak protein berbasis nabati dari tanaman buncis dan kacang polong. Hal ini sangat dianjurkan karena produksi dan biaya daging jauh lebih besar pada budidaya sayuran. 

Banyak yang tidak mengetahui tentang bagaimana manfaat buncis untuk diet dan kacang polong mampu mengurangi rasa lapar atau membuat kenyang. Sangat sedikit yang diketahui tentang dampak sayuran dan kemungkinan buncis mampu mempertahankan berat badan. Menurut penelitian, makanan yang kaya protein yang diperoleh dari buncis dan kacang polong akan membuat lebih kenyang daripada makanan dari daging sapi dan babi. 

Penelitian ini melibatkan 43 laki-laki muda disajikan tiga makan yang berbeda yaitu roti yang terbuat dari kacang buncis, kacang polong, dan daging sapi atau babi. Ketika peserta memakan makanan yang kaya protein terbuat dari buncis dan kacang polong, mereka mengkonsumsi 12 persen kalori lebih sedikit dalam makanan mereka berikutnya. Kalori ini lebih kecil dibandingkan jika mereka memakan makanan terbuat dari daging.

Makanan kaya protein terdiri dari kacang-kacangan secara signifikan lebih banyak mengandung serat daripada makanan kaya protein dari daging babi dan sapi. Kaya serat ini mungkin menyebabkan peningkatan perasaan kenyang, sehingga manfaat buncis untuk diet sangat baik dan lezat.

Referensi


  • Meals based on vegetable protein sources (beans and peas) are more satiating than meals based on animal protein sources (veal and pork) – a randomized cross-over meal test study. Food & Nutrition Research, 2016; 60 (0) DOI: 10.3402/fnr.v60.32634
  • A basket of peas in pods, image by wikimedia commons


Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.