Ads Top


Manfaat Kayu Manis Untuk Diet Mendinginkan Pencernaan

Kayu manis tidak hanya digunakan untuk bumbu masak, manfaat kayu manis untuk diet yang dapat mendinginkan tubuh Anda hingga dua derajat. Menurut ilmuwan kesehatan, rempah-rempah seperti kayu manis juga dapat membantu perbaikan kesehatan secara keseluruhan. Penelitian ini telah dibuktikan dan dipublikasikan dalam jurnal Scientific Reports.

kayu manis

Secara tradisional, orang-orang di wilayah Asia Tenggara telah menggunakan kayu manis untuk digunakan sebagai suplemen dan pengobatan berbagai penyakit. Beberapa obat alami mencampurnya dengan madu, pengobatan penyakit radang sendi, mengobati penyakit kulit, penyakit jantung dan perut kembung.

Manfaat Kayu Manis Untuk Diet


Kayu manis, dalam bahasa latin disebut Cinnamomum Verum, sejenis pohon penghasil rempah-rempah dan termasuk ke dalam jenis beraroma, manis, dan pedas. Umumnya orang menggunakan kayu manis sebagai bumbu makanan, diseduh, dibakar, ataupun sebagai campuran beberapa jenis minuman. Kayu manis termasuk salah satu bumbu makanan tertua yang digunakan manusia, salah satunya Mesir Kuno sudah menggunakannya sejak 5000 tahun yang lalu.

Menurut Professor Kourosh Kalantar-zadeh salah satu ilmuwan dari RMIT School of Engineering, penelitian ini menggunakan hewan untuk menguji bahwa manfaat kayu manis untuk diet dapat mempertahankan integritas dinding perut. Ketika hewan makan pada suhu ruangan standar, gas karbon dioksida (CO2) meningkat didalam perutnya. Kayu manis atau Cinnamon dalam makanan itu telah mengurangi gas, mengurangi sekresi asam lambung dan pepsin pada dinding perut. Efek ini ternyata mendinginkan perut selama proses pencernaan.

Tetapi ketika tubuh panas dan mengalami hiperventilasi yang mengurangi produksi CO2. Pengobatan menggunakan kayu manis ternyata mampu menurunkan gas CO2, sehingga pencernaan menjadi lebih dingin. Manfaat kayu manis untuk diet tidak hanya mendinginkan perut, tetapi secara signifikan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Menurut Dr Jian Zhen Ou, kayu manis akan mendinginkan perut hingga 2 derajat celcius. Tidak heran jika kayu manis sangat populer di daerah hangat, membuat orang merasa lebih baik dan merasakan pendinginan di pencernaan. 

Penelitian ini merupakan bagian dari studi kesehatan usus yang menggunakan sensor gas Swallowable atau pil pintar. Menurut Kalantar-zadeh, gas usus adalah produk sampingan dari pencernaan dan dapat menjelaskan wawasan tentang fungsi dan kesehatan usus. Percobaan menggunakan kayu manis untuk diet telah menunjukkan bagaimana sensor gas Swallowable dapat membantu memberikan informasi fisiologis yang akan meningkatkan pemahaman tentang diet atau obat. 

  • Studi ini diterbitkan dalam jurnal "Potential of in vivo real-time gastric gas profiling: a pilot evaluation of heat-stress and modulating dietary cinnamon effect in an animal model". Scientific Reports, 2016; 6: 33387 DOI: 10.1038/srep33387
  • The spice of life: cinnamon cools your stomach, 16 September 2016, by RMIT University.
  • Raw cinnamon, image courtesy of Wikimedia Commons.

Tidak ada komentar: