Ads Top


Manfaat Keju Susu Mencegah Darah Tinggi Dan Gigi Berlubang

Menurut ilmuwan, manfaat keju susu ternyata bisa melindungi tubuh terhadap beberapa efek natrium pada sistem kardiovaskular, seperti tekanan darah tinggi. Mereka menegaskan, perlindungan tambahan pada tubuh berasal dari sifat antioksidan protein susu dalam keju. Selain mencegah penyakit sistem kardiovaskular, mengkonsumsi keju susu sangat penting untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan, termasuk untuk menjaga kesehatan tulang. 

Manfaat Keju Susu

Penemuan ini mungkin memiliki implikasi dan sangat disarankan untuk diet sehat. Menurut Lacy Alexander, umumnya program diet menyarankan untuk membatasi makanan yang mengandung natrium. Tetapi penelitian ini sebaliknya menjelaskan bahwa makan natrium dalam bentuk produk susu seperti keju, dapat melindungi tubuh. 

Manfaat Keju Susu


Para ilmuwan telah menyadari bahwa orang yang makan lebih banyak susu biasanya memiliki tekanan darah yang lebih rendah. Ketika mereka mengkonsumsi sodium yang berasal dari keju tidak memiliki efek vaskular negatif. Hal ini mengisyaratkan bahwa protein dan nutrisi dalam keju dapat melindungi pembuluh darah dari efek negatif jangka pendek yang disebabkan natrium. Tetapi tidak diketahui apakah perlindungan ini juga berpengaruh dalam jangka panjang.

Alexander dan tim ilmuwan lainnya menguji peserta dengan memberi makanan keju susu, pretzel atau keju kedelai, pada lima kesempatan terpisah selama tiga hari. Ilmuwan kemudian membandingkan efek dari setiap makanan pada sistem kardiovaskular menggunakan laser-Doppler yang menyinari kulit. Sinar laser memantul pada sel darah merah yang mengalir melalui pembuluh di bawah kulit. Pantulan ini memungkinkan ilmuwan untuk mengukur berapa banyak pembuluh darah melebar dalam menanggapi pemanasan kulit dan berapa banyak pelebaran yang disebabkan oleh produksi oksida nitrat. Oksida nitrat merupakan gas yang secara alami diproduksi dalam tubuh untuk menyampaikan pesan antara sel-sel.

Tujuan penelitian ini adalah untuk membandingkan efek konsumsi dan manfaat keju susu dalam jangka pendek, konsumsi natrium dari sumber non-susu. Kedelai sebagai kontrol tambahan untuk mencocokkan lemak, garam dan protein dari sumber makanan yang bukan berbasis susu.

Ketika peserta mengkonsumsi banyak natrium dalam keju, mereka memiliki fungsi pembuluh darah yang lebih baik dibandingkan dengan yang tidak mengkonsumsi natrium dari sumber non-susu, termasuk pretzel dan keju kedelai.

Semakin banyak sel darah merah berarti aliran darah lebih banyak, sehingga orang tersebut mengalami pelebaran oksida-moderator yang lebih banyak nitrat setelah makan keju susu. Situasi ini berbeda dibandingkan dengan setelah memakan pretzel atau keju kedelai. 

Keju Susu Untuk Kesehatan Gigi


Menurut sebuah studi yang pernah diterbitkan pada Juni 2013, manfaat keju susu dan produk susu lainnya dapat membantu melindungi gigi agar tidak mudah berlubang. Para ilmuwan meneliti peserta mulai dari usia 12 hingga 15 tahun, mengukur pH plak gigi dalam mulut sebelum dan setelah makan keju, susu, atau yogurt bebas gula. Tingkat pH lebih rendah dari 5,5 bisa menyebabkan seseorang berisiko erosi gigi, proses penipisan enamel gigi. Semakin tinggi tingkat pH di atas 5,5, maka semakin rendah kemungkinan gigi berlubang.

Peserta dibagi menjadi kelompok yang acak, ilmuwan menginstruksikan kelompok pertama yang memakan keju cheddar, kelompok kedua minum susu, dan kelompok ketiga memakan yogurt bebas gula. Setiap kelompok mengkonsumsi makanannya selama tiga menit dan kemudian membersihkan mulut dengan air. Ilmuwan mengukur tingkat pH mulut masing-masing peserta pada 10 hingga 30 menit setelah konsumsi.

Peserta yang mengkonsumsi susu dan yoghurt bebas gula tidak mengalami perubahan dalam tingkat pH di mulut mereka. Peserta yang memakan keju, menunjukkan kadar pH meningkat pesat pada setiap interval waktu. Hal ini membuktikan bahwa makanan ini memiliki sifat anti-rongga pada mulut.

Tingkat pH naik disebabkan memakan keju mungkin terjadi karena peningkatan produksi air liur. Ini cara alami mulut untuk mempertahankan tingkat keasaman baseline, yang dapat disebabkan oleh aksi mengunyah. Berbagai senyawa yang ditemukan dalam keju dapat menempel pada enamel gigi dan membantu untuk melindungi gigi dari asam.

Menurut ilmuwan, keju susu dianggap kurang nyaman untuk mulut karena rasa yang menyebabkan peningkatan air liur. Juga merupakan produk susu alternatif yang sehat atau makanan ringan dan dianggap mampu mencegah gigi berlubang.

Referensi

  • Dairy cheese consumption ameliorates single-meal sodium-induced cutaneous microvascular dysfunction by reducing ascorbate-sensitive oxidants in healthy older adults. British Journal of Nutrition, 2016; 116 (04): 658 DOI: 10.1017/S0007114516002579
  • In vivo dental plaque pH after consumption of dairy products. General Dentistry, 2013 May;61(3):56-59
  • Eating dairy cheese may protect against sodium-related health risks, 31 Oct 2016, by Penn State.  
  • A platter with cheese and garnishes, image courtesy of Wikimedia Commons.

Tidak ada komentar: