Ads Top


Manfaat Makan Kacang Setiap Hari, Mengurangi Risiko Penyakit Kronis

Manfaat makan kacang telah dikenal sebagai nutrisi penuh serat dan menyehatkan. Tetapi juga memiliki kadar lemak dan minyak nabati yang sampai saat ini ditakuti banyak orang. Penelitian terakhir soal konsumsi kacang sehari-hari untuk kesehatan menjelaskan bahwa orang yang makan kacang sekurang-kurangnya 20 gram per hari berisiko lebih rendah terhadap serangan penyakit jantung, kanker dan penyakit lainnya. 

Manfaat Makan Kacang Setiap Hari

Penelitian ini dijelaskan oleh tim ilmuwan dari Imperial College London dan Norwegian University of Science and Technology, yang diterbitkan dalam jurnal BMC Medicine. "Nut consumption and risk of cardiovascular disease, total cancer, all-cause and cause-specific mortality: a systematic review and dose-response meta-analysis of prospective studies". BMC Medicine, 2016; 14 (1) DOI: 10.1186/s12916-016-0730-3. Studi ini menegaskan bahwa jika orang mengkonsumsi kacang-kacangan rata-rata lebih dari 20 gram kacang per hari, akan mendapatkan manfaat perbaikan kesehatan. Ilmuwan juga merekomendasikan kelompok makanan lain termasuk buah-buahan dan sayuran, efek yang lebih luas untuk mencegah penyakit.

Manfaat Makan Kacang 20 Gram Setiap Hari


Ilmuwan telah mengamati 29 penelitian yang diterbitkan dari seluruh dunia. Analisa ini melibatkan 819,000 peserta termasuk lebih dari 12,000 kasus penyakit jantung koroner, 9000 kasus stroke, 18,000 kasus penyakit jantung dan kanker, dan lebih dari 85,000 kematian yang disebabkan berbagai penyakit.

Beberapa variasi populasi telah diuji, salah satunya antara laki-laki dan perempuan, orang yang tinggal di daerah yang berbeda, dan orang-orang dengan faktor risiko yang berbeda. Dari analisa ini ilmuwan menemukan bahwa manfaat makan kacang sangat berkaitan dengan penurunan risiko penyakit diantara peserta. Dalam penelitian nilai gizi, banyak terjadi kasus kematian terbesar disebabkan penyakit jantung, stroke dan kanker ganas, dan juga penyakit kronis lain.

Penurunan risiko diberbagai penyakit yang berbeda, hal ini merupakan indikasi kuat adanya hubungan yang mendasar antara konsumsi kacang dan hasil kesehatan. Efek konsumsi kacang cukup besar walaupun tergolong sangat sedikit setiap harinya. Penelitian ini melibatkan semua jenis kacang, seperti kacang Hazel dan kenari, dan jenis kacang-kacangan lainnya. Pada umumnya total asupan kacang dianggap sama dan memberikan manfaat tinggi.

Ilmuwan menegaskan, saat ini manfaat makan kacang mampu mengurangi risiko berbagai penyakit. Berikut analisa yang menyehatkan dan disarankan ilmuwan, dengan mengkonsumsi kacang 20 gram sehari: 
  1. Mengurangi risiko penyakit jantung koroner hampir 30 persen
  2. Mengurangi risiko kanker 15 persen
  3. Mengurangi risiko kematian dini 22 persen. 
  4. Jika kita mengkonsumi kacang rata-rata minimal 20 gram perhari akan membantu penurunan risiko kematian akibat penyakit pernapasan sekitar 50 persen. 
  5. Juga mengurangi resiko diabetes hampir 40 persen, meskipun beberapa ilmuwan mengatakan bahwa penyakit ini sangat rantan dengan konsumsi kacang.

Manfaat makan kacang berpotensi menguntungkan, nilai gizi yang terkandung dalam kacang-kacangan sangat tinggi serat, magnesium, dan lemak tak jenuh ganda. Nutrisi ini bermanfaat untuk mengurangi risiko penyakit kardiovaskular dan dapat mengurangi kadar kolesterol tubuh Anda. Beberapa jenis kacang-kacangan terutama kenari dan kacang Pican (kacang yang dipecah) juga tinggi antioksidan sehingga dapat melawan stres oksidatif dan mengurangi risiko kanker. Meskipun kacang dianggap sangat tinggi lemak, tetapi juga tinggi serat dan protein. Dan beberapa bukti menjelaskan bahwa kacang akan mengurangi risiko obesitas disemua usia.

Tidak ada komentar: