Ads Top

Obat Antibiotik Terbaik Penyakit Gonore Telah Ditemukan


Saat ini ilmuwan telah mengembangkan obat antibiotik terbaik penyakit gonore sehingga infeksi kencing nanah bisa cepat terobati. Para ilmuwan dari University of York telah memanfaatkan efek terapi dari molekul karbon monoksida untuk mengembangkan antibiotik baru yang dapat digunakan untuk mengobati gonore, infeksi penyakit menular seksual yang biasanya diderita kaum pria.

Obat Antibiotik Terbaik Penyakit Gonore

Menurut ilmuwan, infeksi yang disebabkan oleh bakteri Neisseria gonorrhoeae telah mengembangkan strain yang sangat resistan terhadap obat dalam beberapa tahun terakhir. Sehingga berbagai obat yang digunakan masyarakat umum kurang bekerja dan terkadang tidak menyembuhkan. Hal ini juga telah terjadi di beberapa kasus baru wilayah utara Inggris dan Jepang. Penelitian tentang antibiotik terbaik untuk gonore telah diterbitkan dalam jurnal MedChemComm.

Obat Antibiotik Terbaik Penyakit Gonore


Menurut ilmuwan, mereka khawatir bahwa infeksi penyakit gonore yang paling umum menular secara seksual di Inggris tidak dapat diobati. Menurut laporan, hampir 35,000 kasus di Inggris selama tahun 2014, sebagian besar kasus terjadi pada pria dan wanita muda di bawah usia 25 tahun. Berdasarkan laporan ini, ilmuwan dari University of York menargetkan antibiotik terbaik untuk gonore dari bakteri yang dibuat menggunakan molekul karbon monoksida-releasing (CO-RMS).

Molekul karbon diproduksi secara alami dalam tubuh, tetapi ada peningkatan yang membuktikan bahwa karbon monoksida meningkatkan sistem kerja antibiotik yang sangat potensial untuk mengobati infeksi bakteri. Bakteri Neisseria Gonorrhoeae lebih sensitif terhadap toksisitas berbasis CO daripada jenis bakteri patogen lainnya. Bakteri ini dapat berfungsi sebagai calon yang layak untuk terapi antimikroba menggunakan metode CO-RM. Molekul CO bekerja dengan cara mengikat bakteri dan mencegahnya memproduksi energi.

Menurut Profesor Ian Fairlamb, molekul karbon monoksida menargetkan untuk menghentikan bakteri dari respiring Gonore. Dimana bakteri ini hanya memiliki satu enzim untuk menghambat dan kemudian tidak bisa mendapatkan oksigen dan mati. Selama ini banyak orang beranggapan bahwa CO adalah molekul beracun. Tetapi sebenarnya menjadi racun jika digunakan dalam konsentrasi tinggi atau dosis berlebih. Ilmuwan telah menggunakan konsentrasi yang sangat rendah dimana bakteri sangat sensitif terhadap molekul ini.

Ilmuwan medis meyakini bahwa mereka telah menemukan sebuah molekul yang bisa dilepas dengan cara yang sangat aman dan terkendali. Dalam pengembangan tahap berikutnya, ilmuwan berencana mengembangkan obat antibiotik terbaik penyakit gonore berupa pil ataupun krim. Sehingga temuan obat ini penyakit menular ini dapat diuji secara klinis di masa depan.

Profesor Fairlamb juga mengatakan, penemuan obat antibiotik terbaik penyakit gonore kali ini merupakan terobosan penting. Antibiotik ini bukan yang akhir dan hampir mendekati sempurna mengatasi infeksi bakteri. Orang-orang mungkin menganggap gonore sebagai infeksi bakteri sepele, padahal penyakit ini bisa menjadi lebih berbahaya dan tahan terhadap antibiotik yang beredar saat ini.

Resistensi antimikroba adalah masalah global yang tidak akan selesai, sehingga ilmuwan menggunakan berbagai pendekatan yang berbeda. Dalam pengembangan obat baru menggunakan Bioanorganik adalah salah satu cara yang bisa mengatasi masalah ini, terutama untuk mengontrol perkembangan bakteri patogen.

Referensi



Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.