Ads Top

Pencegahan Glaukoma, Merawat Tubuh Dengan Vitamin Dan Nutrisi

Saat ini, ilmuwan dan profesional bidang kesehatan telah merekomendasikan kepada pasien untuk menjaga kesehatan tubuh sebagai bentuk pencegahan glaukoma. Termasuk mengkonsumsi makanan kaya nutrisi seperti buah dan sayuran sebagai bagian dari diet yang sehat. Gaya hidup sehat terdiri dari gizi seimbang, olahraga ringan, merupakan bagian penting dari kesehatan secara keseluruhan dan dapat membantu mencegah penyakit.

Pencegahan Glaukoma

Glaukoma, salah satu penyakit mata dengan gejala secara bertahap menyebabkan penglihatan pandangan mata semakin lama akan semakin berkurang, hingga akhirnya menjadi buta. Hal ini disebabkan karena saluran cairan yang keluar dari bola mata terhambat sehingga bola mata akan membesar dan menekan saraf mata. Penyebab lainnya adalah hipertensi dan diabetes mellitus, emosi tidak stabil, migrain, dan penyempitan pembuluh darah

Pencegahan Glaukoma


Cara terbaik untuk memastikan tubuh mendapatkan semua vitamin dan mineral dengan cara mengkonsumsi makanan diet seimbang. Makanan ini mencakup buah-buahan dan sayuran yang merupakan sumber utama dari karotenoid yang bermanfaat untuk kesehatan penglihatan. 

Menurut ilmuwan, buah-buahan dan sayuran dengan kadar vitamin A yang lebih tinggi dan vitamin C tertentu telah terbukti mengurangi risiko glaukoma. Beberapa buah dan sayuran yang paling bermanfaat untuk penglihatan adalah collard hijau atau sawi, kubis, kale, bayam, kubis Brussel, seledri, wortel, buah persik, lobak, kacang hijau, dan buah bit.

Stres oksidatif dikaitkan dengan kerusakan saraf optik pada glaukoma. Sehingga antioksidan dapat membantu untuk mencegah cedera lebih lanjut. Makanan yang kaya antioksidan termasuk delima, acai berry, cranberry, cokelat hitam, teh hitam dan hijau, bilberry, lycopene, sayuran berdaun hijau gelap seperti kale dan bayam, dan biji rami.

Kekurangan nutrisi tertentu dalam program sehat Anda dapat diatasi dengan suplemen yang mencakup Vitamin A, B-kompleks, C, dan E serta mineral Magnesium, Kalsium dan Zinc. Namun, tidak ada bukti yang meyakinkan bahwa suplemen vitamin bisa membantu dalam pencegahan glaukoma. Sebaiknya Anda memilih multivitamin umum jika tidak yakin kebutuhan gizi sehari-hari gizi bisa terpenuhi.

Nutrisi yang tepat berperan dalam pencegahan glaukoma dan kesehatan secara keseluruhan. Tetapi hal ini bukan dianggap sebagai pengobatan untuk penyakit glaukoma. Tumbuhan tertentu seperti ginkgo dan bilberry dapat meningkatkan resiko pendarahan dengan operasi glaukoma. Sebaiknya konsultasi dengan ahli kesehatan sebelum menggunakan suplemen dan herbal, karena dampak kelebihan salah satunya akan berakibat buruk bagi tubuh Anda.

Referensi

What Vitamins and Nutrients Will Help Prevent My Glaucoma from Worsening?, 13 September 2016, by Glaucoma Research Foundation.

Tidak ada komentar: