Ads Top

Pengaruh Rokok Terhadap Janin Akan Merusak Ginjal Anak

Ada beberapa wanita mungkin tidak bersedia meninggalkan kebiasaan merokok, bahkan mereka tidak perduli pengaruh rokok terhadap janin dimasa kehamilan. Dalam sebuah studi baru kali akhir tahun ini menjelaskan, anak-anak menunjukkan tanda-tanda kerusakan ginjal jika ibu mereka merokok saat hamil. Studi ini diterbitkan dalam edisi akhir tahun Journal Clinical of American Society of Nephrology (CJASN).

Pengaruh Rokok Terhadap Janin

Jelas, bahwa studi ini telah menambah daftar efek kesehatan negatif dihasilkan dari ibu yang merokok selama kehamilan. Merokok merupakan faktor yang paling berisiko dalam penyakit gagal ginjal pada orang dewasa. Pencegahan proteinuria anak dianggap penting karena proteinuria dapat menyebabkan perkembangan penyakit ginjal kronis di masa dewasa. Banyaknya kasus yang terjadi diberbagai negara sehingga kebutuhan organ dalam dunia medis terus meningkat, sehingga ilmuwan dan kedokteran terus melakukan penetian penyebab penyakit ginjal kronis.

Pengaruh Rokok Terhadap Janin 


Para ilmuwan bertanya-tanya, apakah pengaruh rokok terhadap janin selama kehamilan dapat mempengaruhi kesehatan ginjal anak-anak? Kemudian ilmuwan melakukan penelitian retrospektif berbasis populasi menggunakan database kesehatan check-up kehamilan. Data-data ini merangkum hasil check-up kehamilan selama 3 tahun, digunakan sebagai bahan penelitian untuk mengetahui pengaruh rokok terhadap janin.

Penelitian ini mencari keberadaan Proteinuria, atau protein tinggi urin, yang merupakan tanda penurunan fungsi ginjal. Mereka melakukan uji tes urin dari 44,595 anak-anak terdaftar. Dalam pemeriksaan menyebutkan bahwa 4,4 persen wanita merokok sebelum kehamilan, dan 16,7 persen ibu-ibu hamil terus merokok saat kehamilan tanpa berusaha mengehentikannya. Berikut ini adalah hasil studi yang dirangkum:
  1. Frekuensi proteinuria pada anak di usia 3 tahun ketika sang ibu terus merokok selama kehamilan berkisar 1,7 persen. 
  2. Sedangkan proteinuria pada anak yang ibunya berhenti merokok selama kehamilan berkisar 1,6 persen. 
  3. Dan nilai terendah 1,3 persen jika sang ibu bukan perokok. 
  4. Resiko proteinuria pada anak akan terjadi 1.24 kali lebih mungkin pada ibu yang merokok saat kehamilan. Jauh berbeda jika dibandingkan dengan ibu yang tidak merokok atau terkena paparan asap rokok selama kehamilan.

Banyak yang tidak bertahan dan akhirnya berakhir dengan penyakit ginjal kronis. Menurut Dr. Kawakami, pengaruh rokok terhadap janin pada ibu yang merokok selama kehamilan sangat terkait dengan kelahiran prematur, berat badan bayi rendah, dan mengalami Asfiksia Neonatal. Begitu banyak efek samping yang disebabkan ibu merokok saat kehamilan, dan temuan dari studi ini juga menyebutkan efek samping tambahan pengaruh rokok terhadap janin selama kehamilan.

Referensi

  • Smoking While Pregnant May Compromise Children’s Kidney Function, 16 December 2016, by American Society of Nephrology (ASN).
  • Maternal Smoking during Pregnancy, Household Smoking after the Childs Birth, and Childhood Proteinuria at Age 3 Years. Clinical Journal of the American Society of Nephrology, 2016; DOI: 10.2215/CJN.05980616
  • Smoking woman Kelsey, image by Wikimedia Commons

Tidak ada komentar: