Ads Top


Terapi Yoga Untuk Sakit Pinggang Hilangkan Nyeri Kronis

Menurut sebuah studi ilmiah, terapi yoga dapat menurunkan rasa sakit pinggang dan kemampuan fungsional pada orang dengan nyeri non-spesifik kronis di punggung bagian bawah dalam jangka pendek. Studi ini masih ditindak lanjuti untuk memberikan informasi tentang efek jangka panjang terapi yoga.

Terapi Yoga Untuk Sakit Pinggang

Nyeri punggung bawah atau sakit pinggang merupakan masalah kesehatan umum. Umumnya diobati dengan perawatan diri dan pengobatan tradisional seperti herbal dan pijatan. Tetapi pentinga diketahui, sebagian orang yang mengalami sakit pinggang selama tiga bulan atau lebih, dianggap kronis. 

Terapi Yoga Untuk Sakit Pinggang


Sakit pinggang kadang-kadang dikaitkan dengan penyakit atau kondisi tertentu. Tetapi sebagian besar kasus nyeri punggung bagian bawah tidak diketahuia penyebabnya dan sering disebut sebagai non-spesifik. Saat ini banyak orang menyatakan bahwa terapi gerakan mungkin bermanfaat, dan gerakan yoga tertentu kadang-kadang digunakan untuk pengobatan. 

Terapi Yoga telah dikenal secara global sebagai bentuk latihan pikiran dan tubuh, manfaatnya dirasakan dalam gaya hidup. Ilmuwan telah merangkum hasil 12 percobaan acak dari 1080 peserta pria dan wanita dengan usia rata-rata berusia antara 34 hingga 48 tahun. Percobaan dilakukan di India, Inggris, dan Amerika Serikat, dimana semua peserta memiliki masalah nyeri punggung bagian bawah non-spesifik kronis.

Para ilmuwan membandingkan peserta yang berlatih yoga untuk tidak terfokus pada bagian belakang, atau bentuk latihan lainnya. Semua latihan yoga yang digunakan secara khusus untuk pengobatan nyeri punggung bagian bawah, dan dalam pengawasan instruktur yang berpengalaman dan berkualitas. 

Dari penelitian ini ditemukan bahwa terapi yoga dapat meningkatkan fungsi bagian belakang dan juga dapat mengurangi gejala nyeri punggung bagian bawah. Perubahan ini bisa dirasakan dalam enam sampai dua belas bulan pertama, meskipun efeknya secara konsisten dinilai kurang secara klinis penting.
Temuan ini membuktikan bahwa terapi yoga dapat mengurangi gejala nyeri punggung bagian bawah walaupun perubahannya dianggap kecil. 

Tetapi, latihan yoga juga dapat menyebabkan peningkatan nyeri punggung pada beberapa orang. Sekitar 5 persen peserta yoga mengalami peningkatan nyeri punggung ataupun pinggang. Peneliti menganggap hal ini mungkin mirip dengan efek samping dari fokus latihan yoga. 

Referensi

Yoga treatment for chronic non-specific low back pain. Cochrane Library, January 2017 DOI: 10.1002/14651858.CD010671.pub2

Tidak ada komentar: