Ads Top

Aspirin Mengobati Kanker Kolorektal Dan Jenis Lainnya

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa kemampuan aspirin mengobati kanker sangat ampuh, tetapi faktanya aspirin sampai sekarang belum bisa dijadikan sebagai bahan pengobatan untuk kanker apapun. Sementara AS Preventive Services Task Force telah menyarankan orang dewasa untuk menggunakan aspirin agar membantu mencegah kanker kolorektal. Kanker kolorektal merupakan jenis kanker yang tumbuh pada usus besar atau rektum, umumnya bermula dari polip yang tumbuh di sepanjang dinding permukaan usus besar serta rektum.

Aspirin Mengobati Kanker

Para ilmuwan selama ini bertanya-tanya, bagaimana sebenarnya kerja aspirin mengobati kanker. Kebanyakan mereka berpikir bahwa aspirin berhubungan dengan penurunan efek peradangan. Ilmuwan Veterans Affairs (VA) di Texas berhasil menguji aspirin pada tikus dan kultur sel. Penelitian ini menganilisis efek aspirin pada trombosit, sel darah yang membentuk gumpalan untuk menghentikan pendarahan.

Kemopreventif Aspirin Mengobati Kanker


Kemopreventif bermakna mencegah inisiasi, menunda, atau melawan dan progresi. Kemoprevensi kanker menggunakan senyawa alam, sintesis atau agen biologis kimia untuk membalikkan, menekan atau mencegah progresi karsinogenik menjadi kanker. 

Seiring dengan pembekuan, trombosit juga berperan dalam membentuk pembuluh darah baru. Peran ini biasanya menguntungkan, seperti ketika darah yang membeku pada luka sehingga diperlukan pembuluh baru untuk aliran darah. Akan tetapi, jika melakukan tindakan yang sama dapat membantu pertumbuhan tumor dan menganggap bahwa aspirin dapat mengganggu. Tes laboratorium menjelaskan bagaimana aspirin memblokir interaksi antara trombosit dan sel-sel kanker dengan mematikan enzim COX-1. Sehingga proses ini telah membatasi jumlah peredaran trombosit dan tingkat aktivitasnya.

Beberapa percobaan menggunakan aspirin reguler yang bisa dibeli di toko obat. Pada fase lain, ilmuwan menggunakan persiapan khusus mengkombinasikan Aspirin dengan Fosfatidilkolin, jenis lipid, atau molekul lemak. Dimana molekul ini merupakan bahan utama dalam Lesitin kedelai. 
Kombinasi ini disebut Aspirin-PC/PL2200, merupakan jenis aspirin standar yang diproduksi dan dirancang untuk meringankan resiko Gastrointestinal.

Kemudian kemampuan aspirin ditingkatkan, bahkan lebih kuat melawan kanker daripada aspirin biasa. Para peneliti mengatakan, hasil ini menunjukkan bahwa efek Kemopreventif pada aspirin disebabkan pemblokiran Proneoplastic (yang mendukung pertumbuhan abnormal seperti kanker). Dan trombosit mendukung potensi penggunaan Aspirin-PC/PL2200 sebagai agen kemopreventif yang efektif dan aman untuk kanker kolorektal, dan lainnya seperti kanker payudara.

Ilmuwan berencana untuk menguji Lipid-Aspirin untuk menguji keamanan dan keampuhan pada orang yang berisiko tinggi mengidap kanker kolorektal. Penggunaan aspirin dosis rendah sangat berguna untuk kemoprevensi, Aspirin-PC/PL2200 memiliki tindakan kemopreventif yang mirip dengan aspirin dosis rendah dan mungkin lebih efektif. 

Referensi

  • An alternative theory on how aspirin may thwart cancer, 07 February 2017, by Veterans Affairs Research Communications. 
  • Unlocking Aspirin's Chemopreventive Activity: Role of Irreversibly Inhibiting Platelet Cyclooxygenase-1. Cancer Prevention Research, 2017; 10 (2): 142 DOI: 10.1158/1940-6207.CAPR-16-0241.
  • Coated 325 mg (5-grain) aspirin tablets, image courtesy of Wikimedia Commons.

Tidak ada komentar: