Ads Top

Ciri-Ciri Penderita Anoreksia Nervosa Memiliki Kesamaan Dengan Autis

Menurut ilmuwan, wanita dengan ciri-ciri penderita anoreksia memiliki kesamaan dengan penderita autis. Umumnya mereka mengalami gangguan makan di bawah kontrol dan telah mencapai berat badan normal. Kesamaan antara anoreksia dan autisme pada wanita dewasa juga terlihat di bagian otak yang memproses keterampilan sosial.

Ciri-Ciri Penderita Anoreksia

Louise Karjalainen, PhD dan psikolog asal Gillberg Neuropsychiatry Centremenyebutkan, bahwa gangguan makan tradisional tidak hanya terkait dengan fiksasi makanan dan berat badan. Tetapi sebagian besar juga terkait pikiran dan perilaku pada individu yang mengidap anoreksia nervosa, dimana gangguan ini dianggap sebagai ciri khas pada penderita autisme.

Kesamaan Ciri-Ciri Penderita Anoreksia


Orang dewasa yang menderita autisme perilaku makan merek telah terganggu. Tetapi belum jelas apakah perilaku autistik makanan juga terjadi pada mereka disertai anoreksia nervosa. Louise Karjalainen telah meneliti sekitar 30 wanita berusia 15 hingga 25 tahun dengan gejala anoreksia nervosa. Setelah setahun kesehatan mereka umumnya mulai membaik, mereka masih memiliki pola pikir negatif dan perilaku terkait pola makan berciri khas dengan penderita autisme.

Pola makan umum membaik selama setahun, tetapi mereka masih pada tingkat yang sama dalam perilaku autistik dengan makanan. Bau makanan yang tak tertahankan, membuat mulut bersuara atau enggan untuk makan bersama-sama dengan orang lain. Semua ini merupakan hal yang bisa membuat wanita mengalami kemunduran setelah tahap akut anoreksia. Mereka tetap memiliki ciri-ciri autis, bahkan setelah perawatan dan perbaikan fisik.

Diantara penelitian wanita tersebut mengalami fungsi yang lebih baik setelah berat badan normal dan jauh dari gangguan makan. Tetapi aspek-aspek sosial pada saat makan masih tidak nyaman, mereka juga punya masalah dengan multi-tasking. 
Pemotongan makanan dan cara mengunyah merupakan sesuatu yang lazim terjadi pada wanita penderita autisme. Perilaku dan ciri-ciri penderita anoreksia sangat sulit dipahami, sebagian besar berhubungan dengan makanan dan berat badan, juga terkait dengan faktor sosial.

Hasil dari scan MRI juga menunjukkan bahwa wanita dalam penelitian ini memiliki perubahan yang sama dengan wanita autisme, pada bagian otak terkait dengan kognisi sosial. Hal ini disebabkan penipisan materi abu-abu di belakang areal, ciri ini tidak ditemukan dalam kelompok pembanding yang sehat atau pada pria yang menderita autisme.

Referensi

Tidak ada komentar: