Ads Top

Diabetes Tipe 2 Bisa Sembuh Dengan Obat Diet Dan Olahraga


Profesor Carel le Roux telah menemukan obat yang digunakan untuk obesitas dan diabetes tipe 2 bisa sembuh dengan keberhasilan 80 persen. Obat ini dapat membantu mencegah perkembangan diabetes bila dikombinasikan dengan diet dan olahraga, bahkan bisa menyembuhkan pasien dari prediabetes. Hasil studi ini dipublikasikan dalam jurnal The Lancet, dan penelitian didanai oleh Novo Nordisk.

Diabetes Tipe 2 dapat sembuh

Obat yang diberikan kepada orang gemuk yang memgidap Prediabates bisa meningkatkan hormon nafsu makan yang dihasilkan oleh usus. Situasi ini disebut sebagai diabetes borderline, ditandai dengan sedikit peningkatan kadar gula darah, dan ketika diobati sering menyebabkan diabetes tipe 2.

Diabetes Tipe 2 Bisa Sembuh 80 Persen


Satu dari sepuluh orang di Inggris mengidap Pradiabetes dan 5-10 persen pasien berkembang menjadi diabetes dalam waktu sepuluh tahun. Pradiabetes dapat disembuhkan dengan olahraga dan diet sehat, tetapi setelah itu berkembang menjadi diabetes dan lebih sulit diobati. Kedua kondisi ini sangat terkait dengan kematian dini, kondisi kesehatan buruk seperti kerusakan saraf, kebutaan, dan amputasi.

Ilmuwan menganalisa 2254 orang dewasa obesitas yang mengidap prediabetes. Studi ini dilakukan di 191 lokasi penelitian, 27 negara di seluruh dunia. Peserta dibagi menjadi dua kelompok, mereka mempelajari apakah dengan menambahkan suntikan liraglutide sehari-hari diiringi diet dan olahraga bisa membantu untuk mencegah perkembangan pradiabetes menjadi diabetes? Analisa ini dibandingkan dengan diet dan olahraga saja tanpa obat-obatan.

Dalam waktu tiga tahun, ilmuwan menemukan bahwa diabetes tipe 2 bisa sembuh 80 persen pada pasien yang diberi liraglutide akan lebih rendah terserang diabetes dibandingkan dengan kelompok plasebo. Dan 60 persen pasien pradiabetes kadar gula darah menjadi lebih sehat.

Pasien yang tidak menderita diabetes diberi liraglutide hampir tiga kali lebih lama dibandingkan dengan kelompok plasebo. Liraglutide berpengaruh besar pada penurunan berat badan yang berkelanjutan setelah tiga tahun dibandingkan dengan plasebo. Menurut Profesor le Roux, hasil ini merupakan terobosan untuk membuka jalan pembuatan obat yang efektif dan aman untuk membalikkan prediabetes dan mencegah diabetes dengan kesuksesan mencapai 80 persen pada penderita berisiko tinggi.

Obat diabetes ini tampaknya bekerja dengan meniru aksi hormon alami yang diproduksi dan menyebabkan penekanan nafsu makan (GLP-1). Senyawa ini keluar ketika menanggapi makanan dan berinteraksi dengan hipotalamus otak untuk menekan nafsu makan. Banyak orang gemuk menghasilkan lebih sedikit hormon ini, sehingga menyebabkan makan berlebihan. 

Liraglutide menyebabkan penurunan berat badan dengan mengaktifkan area otak yang mengontrol nafsu makan. Sehingga orang merasa lebih cepat kenyang dan asupan makanan berkurang. Peran liraglutide dalam penurunan berat badan telah terbukti bisa menghilangkan prediabetes dan diabetes tipe 2 bisa sembuh, meskipun dengan bantuan diet dan olahraga. Liraglutide sudah digunakan untuk mengelola berat badan dan diabetes, tapi harganya mahal dan belum tersedia secara luas. 

Referensi




Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.