Ads Top


Diet Bebas Gluten Berisiko Terpapar Logam Beracun

Menurut studi terakhir, orang yang menjalankan diet bebas gluten sangat mungkin berisiko mengalami peningkatan paparan Arsenik dan Merkuri. Dimana kedua logam ini dianggap beracun yang dapat menyebabkan penyakit jantung, berbagai jenis kanker seperti melanoma, dan efek neurologis.

Diet Bebas Gluten

Diet bebas gluten saat ini telah menjadi kebiasaan populer, terutama bagi warga Amerika Serikat. Kurang dari 1 persen orang Amerika didiagnosis telah menderita penyakit Celiac, respon imun di luar kendali terhadap gluten, dimana protein ini bisa ditemukan dalam gandum, rye dan barley. Sementara menurut studi kesehatan, diet bebas gluten sangat dianjurkan bagi penderita penyakit Celiac. 

Diet Bebas Gluten


Ada juga yang mengatakan bahwa konsumsi makanan bebas gluten akan mengurangi peradangan. Tetapi sebenarnya klaim ini sama sekali belum terbukti secara ilmiah, sehingga tidak bisa disarankan. Makanan bebas gluten sering mengandung tepung beras sebagai pengganti gandum. Padahal, beras diketahui memiliki bioakumulasi logam beracun tertentu, termasuk Arsen dan Merkuri yang berasal dari pupuk, tanah, ataupun air. Sangat sedikit pengetahuan yang diketahui tentang efek  kandungan logam beracun pada beras, khususnya efek bagi kesehatan.

Ilmuwan mencari hubungan antara diet bebas gluten dan biomarker logam beracun dalam darah dan urine. Diantara 7471 peserta, mereka menemukan 73 peserta yang menjalankan diet bebas gluten yang berhasil menyelesaikan survei. Para peserta ini berusia sekitar 6 sampai 80 tahun. 

Peserta yang memenjalankan diet bebas gluten memiliki konsentrasi Arsenik yang lebih tinggi dalam urin mereka. Dan konsentrasi merkuri tinggi dalam darah, dibandingkan mereka yang tidak menjalankan diet sama sekali. Kadar arsenik hampir dua kali lebih tinggi terjadi pada orang yang menjalankan diet bebas gluten, dan tingkat Merkuri mencapai 70 persen lebih tinggi.

Para ilmuwan masih meneliti adanya konsekuensi yang tidak di inginkan pada diet bebas gluten. Apakah ada yang sesuai konsekuensi kesehatan yang dapat dikaitkan dengan tingkat yang lebih tinggi dari paparan Arsenik dan Merkuri, atau diet bebas gluten akan menimbulkan risiko kesehatan yang signifikan?

Referensi

Tidak ada komentar: