Ads Top

Efek Samping Minum Alkohol Mengganggu Aliran Darah

Beberapa orang memiliki masalah berat karena efek samping minum alkohol selama bertahun-tahun, menurut ilmuwan mereka mungkin berisiko prematur arteri. Khususnya terjadi pada pria yang sering mengalami peningkatan risiko penyakit jantung. Studi ini diterbitkan dalam Journal of American Heart Association.

Efek Samping Minum Alkohol

efek samping minum alkohol dapat mempengaruhi elastisitas dinding arteri (kekakuan arteri) dan usia prematur arteri, sehingga mengganggu aliran darah. Selain itu, ilmuwan juga menjelaskan bahwa laki-laki sangat berisiko mengalami percepatan kekakuan arteri dibandingkan dengan peminum moderat yang berada di awal usia tua. Dan risiko ini tidak ditemukan pada wanita peminum, berdasarkan penelitian terhadap 3869 orang dimana 73 persen pesertanya adalah pria.


Efek Samping Minum Alkohol


Dalam berbagai studi yang lalu, kebiasaan minum alkohol selama 25 tahun sangat berhubungan dengan risiko penyakit kardiovaskular. yang menjadi pertanyaan dikalangan ilmuwan saat ini, berapa banyak kelebihan alkohol dan pada titik apakah alkohol mulai menyebabkan kerusakan pada arteri?

Para ilmuwan mengumpulkan data peserta berusia sekitar 30-an dan 50-an yang memiliki kebiasaan meminum alkohol. Statistik dibuat dengan riwayat penyakit jantung, perokok, sekitar 68 persen pria dan 74 persen wanita gagal memenuhi pedoman latihan mingguan yang direkomendasikan. Diantara laki-laki dan perempuan, satu dari 10 orang mengidap penyakit diabetes tipe 2. Besar kemungkinan kaum pria menjadi peminum berat dibandingkan dengan perempuan. 

Data ini membandingkan konsumsi alkohol peserta dengan kecepatan gelombang pulsa arteri karotis-femoral (PWV). Atau gelombang pulsa antara arteri utama yang ditemukan di leher dan paha. Konsumsi alkohol diukur secara berkala dan peneliti melihat bagaimana pola-pola asupan jangka panjang dikaitkan dengan kecepatan gelombang pulsa, dan perkembangannya selama interval 4-5 tahun.

Peminum berat didefinisikan dalam penelitian UK jika meminum etanol lebih dari 112 gram per minggu. Atau kira-kira setara dengan satu porsi beralkohol, setengah pint bir, atau setengah gelas anggur. Sedangkan peminum moderat meminum 1 sampai 112 gram etanol per minggu. The American Heart Association mendefinisikan konsumsi alkohol moderat pada pria rata-rata satu sampai dua gelas per hari, dan wanita satu gelas per hari. Minuman yang di konsumsi diantaranya adalah 12 ons bir dan empat ons anggur. 

Efek samping minum alkohol yang berlebihan akan meningkatkan risiko ketergantungan alkohol, faktor risiko kardiovaskular termasuk tekanan darah tinggi, obesitas, stroke, beberapa jenis kanker, bunuh diri dan beberapa diantaranya mengalami kecelakaan. Penyakit kardiovaskular masih menjadi penyebab utama sepertiga kematian di seluruh dunia.

Menurut Darragh O'Neill, Ph.D., bagaimana alkohol dapat mempengaruhi kesehatan arteri tidak jelas. Asupan alkohol disarankan dapat meningkatkan kadar kolesterol high-density lipoprotein (kolesterol baik) atau menurunkan platelet. Dan sebaliknya, asupan alkohol berlebih dapat mengaktifkan enzim tertentu yang akan mengakibatkan akumulasi kolagen. Hal ini bisa memperburuk tingkat kekakuan arteri.

Referensi


  • Long-term heavy drinking may age arteries over time, 20 February 2017, by American Heart Association.
  • Twenty‐Five‐Year Alcohol Consumption Trajectories and Their Association With Arterial Aging: A Prospective Cohort Study. Journal of the American Heart Association, 2017; 6 (2): e005288 DOI: 10.1161/JAHA.116.005288

Tidak ada komentar: