Ads Top


Fakta Baru Vitamin D Mengoptimalkan Kekuatan Otot

Menurut ilmuwan di University of Birmingham, fakta baru vitamin D aktif dan peningkatan kadar dalam tubuh dapat membantu untuk mengoptimalkan kekuatan otot pada manusia. Penemuan ini akan membantu studi suplementasi dimasa depan, dan menjelaskan bahwa optimasi vitamin D sangat diperlukan untuk perkembangan otot yang sehat. 


Dalam studi ini, ilmuwan melihat hasil dari teknik canggih yang memungkinkan kedua bentuk 'aktif dan tidak aktif' dari vitamin D yang dampaknya signifikan terhadap berbagai fungsi otot. Khususnya akan berdampak pada wanita berlemak dan wanita yang bertubuh ramping.

Fakta Baru Vitamin D Untuk Otot


Dr Zaki Hassan-Smith dari Universitas Birmingham menjelaskan, selama ini vitamin D dianggap membantu kekuatan tulang, tapi sebenarnya masih perlu belajar lebih banyak tentang manfaatnya untuk otot. Penelitian sebelumnya telah menguji bentuk tidak aktif dari Vitamin D dalam aliran darah untuk mengukur kekurangan vitamin D. Ilmuwan telah mengembangkan metode baru untuk menilai berbagai bentuk yang berpengaruh pada fakta baru vitamin D. Termasuk pengujian ekstensif pada tubuh, fungsi otot dan ekspresi gen otot. 

Penelitian ini melibatkan 116 sukarelawan sehat, mereka berusia antara 20 hingga 74 tahun. Peserta ini bercampur dimana tingkat 'aktif dan tidak aktif' kadar vitamin D telah diukur bersama karakteristik fisik termasuk lemak tubuh, tubuh yang ramping, dan ukuran otot massal. Wanita dengan komposisi tubuh yang sehat dan lemak tubuh yang lebih rendah, tidak ditemukan penanda 'tidak aktif' kekurangan vitamin D. Analisa ini berdasarkan temuan kadar aktif vitamin D lebih rendah pada wanita dengan lemak tubuh meningkat. 

Bentuk penanda aktif dari vitamin D tidak berhubungan dengan lemak tubuh, tetapi dikaitkan dengan tubuh yang ramping. Orang yang ramping dan berotot, memiliki tingkat 'Vitamin D aktif' yang lebih tinggi dalam aliran darahnya. Dengan melihat berbagai bentuk, lemak tubuh dianggap berkaitan dengan pengurangan kadar aktif vitamin D. Dan tubuh ramping merupakan kunci dalam peningkatan kadar vitamin aktif D. Dalam penelitian ini, fakta baru vitamin D aktif tidak terbukti berkaitan dengan massa otot pria.

Referensi

  • Increased levels of active vitamin D can help to optimise muscle strength, 15 February 2017, by University of Birmingham. 
  • 25-hydroxyvitamin D3 and 1,25-dihydroxyvitamin D3 exert distinct effects on human skeletal muscle function and gene expression. PLOS ONE, 2017 DOI: 10.1371/journal.pone.0170665

Tidak ada komentar: