Ads Top


Gangguan Neuropati Pendengaran Karena Kerusakan Sinapsis, Myelin

Beberapa orang mempunyai keluhan dengan gangguan neuropati pendengaran, biasanya mereka tidak bisa mendengar ditempat yang bising. Misalnya ketika menghadiri acara yang penuh suara keras, konser musik, pertandingan, dan suara mesin pabrik yang sangat bising. Umumnya mereka baru sadar ketika di periksa secara medis dan menandakan adanya gangguan pendengaran tersembunyi.

Gangguan Neuropati Pendengaran

Para ilmuwan saat ini telah memahami penyebab gangguan pendengaran tersembunyi. Dalam penelitian terakhir, ilmuwan menemukan penyebab tak terduga pada neuropati pendengaran, studi ini dipublikasikan dalam jurnal Nature Communications.

Gangguan Neuropati Pendengaran


Menurut Gabriel Corfas, beberapa orang tidak begitu merasakan gangguan pendengaran karena alasan yang berbeda. Sehingga dibutuhkan diagnosis patogenesis yang tepat dan dianggap sangat penting. Mereka menemukan penyebab ini menggunakan tikus yang mengalami gangguan dalam sel Schwann yang membuat myelin (insulates akson saraf pada telinga) menyebabkan hilangnya pendengaran tersembunyi. gangguan neuropati pendengaran bisa terlihat pada demielinasi akut seperti sindrom Guillain-Barre yang disebabkan oleh virus Zika.

Para ilmuwan menguji dengan alat genetik untuk menginduksi hilangnya myelin pada saraf pendengaran tikus, seperti pemodelan Guillain-Barre. Regenerasi myelin berlangsung selama beberapa minggu, tikus mengalami gangguan pendengaran tersembunyi permanen. Bahkan setelah regenerasi myelin, terjadi kerusakan struktur saraf yang disebut heminode.

Ketika telinga terkena suara keras selama beberapa waktu, sinapsis menghubungkan sel-sel dengan neuron di telinga bagian dalam yang hilang. Kehilangan sinapsis telah terbukti sebagai mekanisme yang menyebabkan hilangnya pendengaran. Dalam pengujian diruangan sepi dan tenang, hanya beberapa sinapsis yang diperlukan untuk mendengar suara. Tetapi di lingkungan yang bising, telinga harus mengaktifkan sinapsis tertentu. Jika semuanya tidak ada, sulit untuk memahami suara atau kata-kata di sekitarnya. 

Ilmuwan mengatakan, paparan kebisingan meningkat di lingkungan dan anak-anak sangat rentan pada suara tingkat tinggi dalam hidupnya. Mereka yang terkena suara tingkat tinggi berisiko terhadap peningkatan gangguan pendengaran tersembunyi. 
Penyebab kekurangan sel Schwann bisa terjadi pada individu yang telah mengalami paparan suara sehingga terjadi gangguan neuropati pendengaran. Kedua bentuk gangguan ini dapat terjadi pada individu yang sama sebagai efek aditif.

Untuk saat ini belum ditemukan pengobatan untuk gangguan pendengaran tersembunyi. Setidaknya studi ini bisa mengetahui apakah gangguan neuropati pendengaran pada seseorang disebabkan kehilangan sinapsis atau kerusakan myelin (heminode).

Referensi


  • Second cause of hidden hearing loss identified, 17 February 2017, by Michigan Medicine - University of Michigan.
  • Transient auditory nerve demyelination as a new mechanism for hidden hearing loss. Nature Communications, 2017; 8: 14487 DOI: 10.1038/ncomms14487

Tidak ada komentar: