Ads Top

Latihan Aerobik Teratur Di Usia Pertengahan Kurangi Stroke

Saat ini, banyak orang telah mengikuti latihan aerobik teratur hanya untuk mengurangi berat badan. Tetapi dibalik itu, latihan aerobik di usia pertengahan (usia akhir 30-an, antara 34-39 tahun) dapat mengurangi keparahan stroke di usia tua. Latihan ini tidak hanya berupa aerobik, tetapi bisa juga dengan aktifitas olah raga yang lain, tetapi tetap dilakukan secara teratur. 

Latihan Aerobik Teratur

Menurut studi terakhir, jaringan pembuluh darah (sirkulasi kolateral) diameternya akan menyusut seiring usia otak. Sirkulasi kolateral memungkinkan aliran darah akan dialihkan ketika arteri menyempit. Situasi ini dapat dicegah melalui aktifitas rutin yang biasa dilakukan dengan cara melakukan olah raga teratur.

Efek Latihan Aerobik Teratur


Para ilmuwan menguji efek latihan aerobik teratur menggunakan tikus, mereka menemukan bahwa kehilangan sirkulasi kolateral dapat dicegah dengan berolahraga. Jumlah kerusakan otak setelah pasien mengalami stroke dan efektivitas pengobatan dalam pemulihan tergantung pada tingkat sirkulasi kolateral. Studi ini telah dipresentasikan pada American Heart Association International Stroke Conference 2017.

Dalam penelitian ini, tikus yang mulai berolahraga secara teratur pada usia dua belas bulan, atau setara dengan 40 tahun usia manusia, memiliki kelimpahan pembuluh darah kolateral  yang sama ketika mencapai usia 25 bulan (setara dengan manusia berusia 70 tahun). Diusia 3 bulan atau setara manusia berusia 16 tahun, dan tikus yang tidak berolahraga berusia 25 bulan, diameter sirkulasi kolateral kedua kelompok ini ternyata lebih kecil. 

Ketika tikus berusia 25 bulan menderita stroke dan berolahraga, hewan ini jauh lebih sedikit mengalami kerusakan otak, sama seperti yang terlihat pada tikus muda berusia 3 bulan. Tikus yang berolahraga juga memiliki kadar molekul yang membantu pembuluh darah bekerja dengan baik dan tetap sehat.

Para ilmuwan mengatakan temuan mereka membuktikan, bahwa latihan aerobik teratur dapat melindungi sirkulasi kolateral dan mengurangi keparahan stroke di kemudian hari. 
Menjaga kesehatan di usia pertengahan sangat penting, bagi orang-orang yang sibuk dengan aktifitas pekerjaan kantor akan sangat berisiko mengalami gejala stroke di usia tua.

Referensi



Tidak ada komentar: