Ads Top


Manfaat Duckweed, Kandungan Protein Kiambang Setara Kacang

Salah satu potensi makanan bergizi dimasa depan adalah Wolffia Globosa, manfaat Duckweed tanaman kecil yang lebih dikenal sebagai tanpa akar. Menurut ilmuwan, tanaman sejenis kiambang ternyata memiliki kadar gizi tinggi yang diperlukan tubuh manusia. Para peneliti di University of Jena telah menyelidiki berbagai manfaat Duckweeds sebagai sumber makanan manusia. Temuan ini sangat menjanjikan, dimana mereka menerbitkan studi ini dalam jurnal Food Chemistry.

Manfaat Duckweed

Wolffia Globosa berukuran 0,7 sampai 1,5 mm, berbentuk oval dan tak menentu, tanaman ini berkembang biak sangat cepat sehingga dalam waktu singkat dapat menutupi seluruh permukaan air. Duckweed mudah menyerap elemen yang terlarut dalam air, dapat digunakan untuk meredakan gejala defisiensi karena kekurangan gizi. Sementara di Asia, aplikasi potensial lainnya untuk tanaman Duckweed dengan cara budidaya ikan dan pemurnian air. Dan tanaman ini juga dapat digunakan untuk memproduksi bio-ethanol.

Manfaat Duckweed


Prof Gerhard Jahreis mengatakan, manfaat Duckweed dapat berfungsi sebagai sumber protein dalam memenuhi kebutuhan gizi manusia. Bentuk fisik Duckweeds berwarna hijau dan kandungan proteinnya sebanding dengan bunga Lupin ataupun kacang polong. Kandungan protein terdiri dari 30 persen, dihitung berdasarkan dari berat kering. Kiambang kecil ini juga mengandung asam lemak omega-3 yang sangat bermanfaat, diantarranya Asam Stearidonic dan Asam Alpha-linolenic. 

Menurut ilmuwan, kemungkinan penggunaan makanan berbahan dasar Duckweeds akan di dihaluskan atau dijemur sehingga menjadi makanan bebas gluten. Dr Kalus mengatakan, kiambang atau Duckweed berkembang sangat cepat dan tidak memerlukan tanah untuk mengolahnya. Tanaman air ini akan membuat keuntungan besar dibandingkan kedelai.
Selama ribuan tahun, spesies Duckweed telah menjadi menu di negara-negara Asia seperti Thailand, Kamboja dan Laos. Khususnya spesies Wolffia Globosa, yang disajikan di Asia dalam bentuk sup dan sebagai sayuran atau Omelet. 

Dalam serangkaian tes terbaru, spesis Wolffia Globosa dianggap sebagai salah satu kandidat tanaman yang paling menjanjikan. Tanaman spesis Duckweed sampai saat ini belum dibudidayakan, umumnya dipanen dari kolam air atau rawa. Saat ini ada beberapa fasilitas eksperimen di Israel dan Belanda, dimana Duckweed diproduksi pada skala industri. 

Referensi

  • Tiny plants with huge potential, 11 January 2017, by Friedrich Schiller University Jena.
  • Nutritional value of duckweeds (Lemnaceae) as human food. Food Chemistry, 2017; 217: 266 DOI: 10.1016/j.foodchem.2016.08.116

Tidak ada komentar: