Ads Top

Manfaat Terapi Akupuntur Kurangi Nyeri Kronis Dan Depresi


Baru-baru ini penelitian kesehatan di University of York telah menemukan manfaat terapi akupuntur dapat meningkatkan efektivitas perawatan medis standar. Salah satunya berfungsi mengurangi tingkat keparahan sakit kronis dan depresi. Studi ini diterbitkan oleh National Institute for Health Research (NIHR) Journals Library, para ilmuwan membuktikan bahwa akupuntur manfaatnya lebih daripada efek plasebo (pengobatan yang tidak berdampak atau penanganan palsu untuk mengontrol efek pengharapan).

Manfaat Terapi Akupuntur

Hugh MacPherson, seorang profesor Akupunktur, telah menguji secara klinis dengan 29 hasil berkualitas tinggi pada pasien yang diobati dengan akupuntur dan perawatan medis standar. Sebagian besar pasien dengan nyeri kronis diobati dengan akupuntur dan perawatan medis standar. Mereka menguji orang-orang yang diberikan perawatan medis standar saja, seperti obat anti-inflamasi dan fisioterapi. Penelitian ini melibatkan sekitar 18,000 pasien yang didiagnosis dengan sakit kronis pada leher, punggung bawah, kepala, dan lutut.

Manfaat Terapi Akupuntur


Penambahan akupuntur dibandingkan dengan perawatan medis standar, secara signifikan mengurangi jumlah sakit kepala dan serangan migrain dan mengurangi keparahan nyeri di leher serta punggung bawah. Hal ini membuktikan bahwa manfaat terapi akupuntur mengurangi rasa sakit dan cacat dari Osteoarthritis, penyakit yang menyebabkan pasien menjadi kurang bergantung pada tablet anti-inflamasi untuk mengontrol rasa sakit.

Profesor MacPherson mengatakan, praktisi yang menggunakan akupuntur sebagai intervensi telah bertambah sekitar empat juta pengobatan akupunktur selama setahun di Inggris. Tetapi bukti yang menjelaskan secara klinis sebagai pengobatan efektif masih sangat terbatas. Selama bertahun-tahun masih banyak yang keraguan tentang kebijakan dan pengambil keputusan 'harus atau tidak' untuk menerapkan pengobatan akupunktur. Pengujian ini secara klinis berkualitas tinggi dan memberikan dasar bukti yang kuat dan akan membantu mengurangi ketidakpastian agar pasien mengambil keputusan.

Penelitian akupuntur secara klinis juga bermanfaat untuk depresi, dimana akupuntur lebih membantu jika dibandingkan dengan efektivitas obat seperti antidepresan. Dalam studi yang melibatkan 755 pasien depresi di Inggris Utara, ilmuwan membuktikan bahwa Akupunktur dan Konseling secara signifikan mengurangi keparahan depresi. Manfaat ini sebagian besar dirasakan berkelanjutan sampai 12 bulan setelah pengobatan.

Selama ini manfaat terapi akupuntur sebagian terkait dengan efek plasebo, yang memberikan ketidakpastian tentang efektivitas klinis akupuntur. Tetapi penelitian ini membuktikan bahwa ketika akupunktur digunakan untuk mengobati nyeri kronis, pengurangan nyeri secara substansial menurun drastis.

Penelitian ini memberikan langkah maju dalam mengobati nyeri kronis dan mengelola depresi. Pasien dan ahli kesehatan dapat membuat keputusan tentang akupuntur dengan lebih percaya diri. Tidak lebih hemat biaya, tetapi juga mengurangi tingkat rasa sakit dan meningkatkan suasana hati. Juga bisa mengurangi ketergantungan obat-obatan yang terkadang dapat mengakibatkan efek samping yang tidak diinginkan. 

Referensi





Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.