Ads Top

Minyak Zaitun Meningkatkan Kadar Kolesterol Baik HDL


Makanan kaya minyak zaitun dapat menambah manfaat kardioprotektif lipoprotein densitas tinggi (HDL, kolesterol baik) dibandingkan dengan makanan lainnya. Dan biasanya makanan kaya minyak zaitun ditemukan pada diet Mediterania, dan masakan di hotel atau resto ternama.

Minyak Zaitun

Tingginya kadar Lipoprotein Low-density (LDL, kolesterol jahat) dan Trigliserida (sejenis lemak darah) sangat berkaitan dengan peningkatan risiko penyakit jantung dan pembuluh darah. Kolesterol HDL diduga menyebabkan risiko yang lebih rendah, karena Lipoprotein membantu menghilangkan kelebihan kolesterol dari aliran darah.

Minyak Zaitun Meningkatkan Kadar Kolesterol


Penelitian ini membuktikan bahwa HDL tidak bekerja dengan baik pada orang yang berisiko tinggi mengalami serangan jantung, stroke dan penyakit kardiovaskular lainnya. Menurut ilmuwan, kemampuan fungsional HDL dianggap penting sebanyak kuantitasnya. Pada saat yang sama, uji coba skala kecil telah membuktikan bahwa mengkonsumsi makanan kaya Antioksidan seperti minyak zaitun asli, tomat dan buah, memperbaiki fungsi HDL pada manusia. 

Studi ini melibatkan 296 orang berusia rata-rata 66 tahun, berisiko tinggi penyakit kardiovaskular yang berpartisipasi dalam PREDIMED (Prevencion con Dieta Mediterranea). Sampel darah mereka diambil pada awal dan akhir penelitian. Peserta secara acak ditugaskan untuk memilih salah satu dari tiga diet selama setahun. Pilihan makanan itu adalah: 
  1. Diet Mediterania tradisional diperkaya dengan minyak zaitun (sekitar 4 sendok makan) setiap hari. 
  2. Diet Mediterania tradisional diperkaya dengan kacang tambahan (sekitar segenggam) setiap hari.
  3. Atau memilih diet sehat terkontrol yang mengurangi konsumsi daging merah, makanan olahan, lemak tinggi pada produk susu dan permen. Selain buah menekankan konsumsi sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian, diet ini mengkonsumsi ikan dan unggas dengan takaran moderate.

Studi ini menemukan bahwa hanya diet terkontrol yang mengurangi tingkat kolesterol total dan LDL. Tak satu pun dari makanan yang bisa meningkatkan kadar HDL secara signifikan. Perbaikan fungsi HDL jauh lebih besar diantara mereka yang mengkonsumsi tambahan minyak zaitun. Diet Mediterania diperkaya dengan minyak zaitun akan meningkatkan fungsi HDL, termasuk diantaranya:
  1. Transportasi kolesterol, proses dimana HDL menghilangkan kolesterol dari plak di arteri dan transport ke hati. Dimana HDL digunakan untuk memproduksi senyawa hormonal atau dihilangkan dari tubuh.
  2. Perlindungan antioksidan, kemampuan HDL untuk melawan oksidasi LDL, untuk memicu perkembangan plak di arteri.
  3. Kapasitas vasodilator, yang merenggangkan pembuluh darah akan menjaganya terbuka dan darah tetap mengalir.

Ilmuwan menyatakan, diet Mediterania yang kaya buah-buahan dan sayuran, memiliki dampak negatif pada sifat anti-inflamasi HDL. Penurunan kemampuan anti-inflamasi HDL berhubungan dengan penyakit kardiovaskular.Hal ini dibuktikan pada peserta diet Mediterania yang tidak mengalami penurunan fungsi HDL. Mengikuti diet Mediterania yang kaya minyak zaitun bisa melindungi kesehatan jantung, termasuk membuat 'kolesterol baik' bekerja dengan cara yang kompleks.

Referensi

  • Mediterranean diet with virgin olive oil may boost ‘good’ cholesterol, 13 February 2017, by American Heart Association.
  • Mediterranean Diet Improves High-Density Lipoprotein Function in High-Cardiovascular-Risk IndividualsClinical Perspective. Circulation, 2017; 135 (7): 633 DOI: 10.1161/CIRCULATIONAHA.116.023712
  • Olive oil, image courtesy of wikimedia commons.


Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.