Ads Top


Obat Baru Penyembuhan Gangguan Pendengaran Ditemukan

Baru-baru ini, ilmuwan telah menemukan obat baru untuk penyembuhan gangguan pendengaran dengan metode suntikan. Dibagian telingan bagian dalam terdapat ribuan sel-sel rambut yang mendeteksi gelombang suara dan menerjemahkannya menjadi sinyal saraf. Proses ini memungkinkan manusia untuk mendengar pidato, musik, dan suara sehari-hari lainnya. Kerusakan pada sel-sel ini dianggap salah satu penyebab utama hilangnya pendengaran.

Obat Baru Penyembuhan Gangguan Pendengaran

Setiap orang memiliki rata-rata sekitar 15000 sel rambut per telinga. Apabila rusak, sel-sel ini tidak bisa tumbuh kembali. Tetapi para peneliti kini telah menemukan kombinasi obat yang memperluas populasi sel progenitor (sel pendukung) di telinga dan mendorong perkembangannya menjadi sel-sel rambut. Temuan ini memberikan jalan baru dan potensi untuk mengobati gangguan pendengaran yang pada umumnya dialami oleh orang tua.

Obat Baru Penyembuhan Gangguan Pendengaran


Menurut ilmuwan bahwa paparan kebisingan, penuaan, dan beberapa antibiotik dan obat kemoterapi dapat menyebabkan kematian sel rambut. Pada beberapa hewan, sel-sel alami mengalami regenerasi, tetapi tidak terjadi pada manusia. Ilmuwan mulai menyelidiki kemungkinan regenerasi sel-sel rambut pada sel-sel di lapisan usus. Dalam penelitian ditahun 2013, ilmuwan mengatakan bahwa mereka bisa menghasilkan sel-sel usus yang belum matang dan kemudian merangsang untuk membedakannya, dengan mengekspos untuk mendapatkan molekul tertentu.

Sel-sel yang mendukung struktural Koklea menandakan beberapa protein dipermukaan yang sama dengan sel induk usus. Sehingga ilmuwan menggunakan pendekatan yang sama untuk meneliti sel-sel pendukung. Mereka menggunakan molekul kecil untuk mengaktifkan sel-sel pendukung sehingga menjadi proliferatif dan dapat menghasilkan sel-sel rambut. Pada saat yang sama, untuk mencegah sel terpisah terlalu cepat, ilmuwan menggunakan sel pada molekul yang mengaktifkan jalur sinyal lain yang dikenal sebagai Notch.

Prosedur ini menghasilkan sel-sel rambut yang lebih matang sekitar 60 kali daripada teknik sebelumnya. Faktor pertumbuhan menginduksi sel-sel koklea mendukung untuk menjadi sel-sel rambut. Metode ini telah diuji pada rumah siput seekor tikus, mereka tidak perlu menambahkan kedua obat. Karena setelah sel-sel progenitor terbentuk, maka secara alami terkena sinyal yang merangsangnya menjadi sel-sel rambut yang matang.

Dalam mengembangkan obat baru untuk penyembuhan gangguan pendengaran, terapi ini menggunakan paparan obat sederhana sehingga mudah diberikan kepada pasien. Obat dapat disuntikkan ke dalam telinga tengah, sel-sel ini akan berdifusi melintasi membran ke dalam telinga bagian dalam. 
Jenis injeksi umumnya dilakukan untuk mengobati infeksi telinga. Tetapi rencana pengujian pada manusia akan dilakukan dalam waktu 18 bulan mendatang, sebelum obat ini dijual ke pasar bebas.

Referensi


  • Drug treatment could combat hearing loss, 21 February 2017, by Massachusetts Institute of Technology.
  • Clonal Expansion of Lgr5-Positive Cells from Mammalian Cochlea and High-Purity Generation of Sensory Hair Cells. Cell Reports, February 2017 DOI: 10.1016/j.celrep.2017.01.066

Tidak ada komentar: