Ads Top


Pengobatan Gagal Jantung Menggunakan Obat Kanker

Ilmuwan telah berhasil mengembangkan agen antikanker untuk mempromosikan regenerasi otot jantung yang rusak, digunakan dalam pengobatan gagal jantung. Penelitian ini dianggap tak terduga yang dapat membantu mencegah terjadinya gagal jantung kongestif di masa depan.

Pengobatan Gagal Jantung Menggunakan Obat Kanker

Beberapa bagian tubuh, seperti sel-sel pembuluh darah dan lapisan usus, terus diperbaharui sepanjang hidup. Lain halnya pada jantung, sel-sel disini tidak diperbaharui, karena ketidakmampuan jantung untuk memperbaiki sendiri. Kerusakan yang disebabkan oleh serangan jantung menyebabkan jaringan parut permanen sering mengakibatkan melemahnya jantung. Dimana pada situasi ini medis menyebutnya sebagai gagal jantung.

Pengobatan Gagal Jantung


Selama bertahun-tahun, Dr. Lawrence Lum telah bekerja untuk mengembangkan obat kanker yang menargetkan sinyal molekul Wnt. Molekul-molekul ini dianggap sangat penting untuk regenerasi jaringan, tetapi efeknya juga sering menyebabkan kanker. Molekul ini sangat penting untuk produksi protein Wnt pada manusia, yang disebut sebagai enzim landak (Porcn). 

Ilmuwan menemukan banyak efek samping yang bisa diprediksi pada tulang dan rambut, misalnya 0- tapi efeknya  sedikit meningkat pada kardiomiosit atau sel otot jantung. Inhibitor landak sebagai agen antikanker dapat berguna dalam pengobatan regeneratif. Para ilmuwan menginduksi serangan jantung pada tikus, kemudian mengujinya dengan inhibitor landak. 
Kemampuan organ jantung untuk memompa darah meningkat hampir dua kali lipat dibandingkan dengan subjek yang tidak diobati.

Ilmuwan menjelaskan, laboratorium mereka telah mempelajari perbaikan jantung selama beberapa tahun, terutama dalam pengobatan gagal jantung. Pemberian inhibitor molekul Wnt secara signifikan meningkatkan fungsi jantung setelah serangan jantung pada tikus. Disamping meningkatnya kemampuan memompa jantung, juga menurunkan fibrosis atau jaringan parut di hati. Jaringan parut kolagen biasanya terjadi setelah serangan jantung dan dapat menyebabkan jantung tidak bertambah besar secara tepat, sehingga menyebabkan gagal jantung.

Fibrosis mungkin menguntungkan, dapat mengalahkan kemampuan jantung untuk regenerasi dalam jangka panjang dan untuk pengobatan gagal jantung. Agen antikanker ini bisa merespon fibrosis, sehingga meningkatkan penyembuhan luka pada jantung. Eksperimen awal menunjukkan bahwa inhibitor enzim landak akan perlu digunakan dalam waktu yang singkat setelah serangan jantung. Karena efek samping yang tidak bagus biasanya disebabkan oleh obat kanker sehingga bisa dihindari secepatnya. Ilmuwan berencana memajukan inhibitor Porcn kedalam uji klinis sebagai agen regeneratif untuk penyakit jantung di tahun depan.

Referensi

Tidak ada komentar: