Ads Top

Vaksin Polio Terbaru Dibuat Tanpa Pertumbuhan Virus Hidup


Penelitian kali ini telah mengidentifikasi metode baru untuk memberikan vaksin polio, dimana pembuatan vaksin ini tidak memerlukan pertumbuhan virus hidup. Vaksin ini dihasilkan dari virus partikel (VLP) yang biasa digunakan untuk hepatitis B, dan virus Papiloma manusia. Virus polio VLP telah terbukti stabil untuk mengembangkan vaksin praktis.

Vaksin Polio, penyakit polio

Tim ilmuwan dari University of Leeds telah menemukan cara baru untuk memodifikasi VLP ini. Virus ini dikenal sebagai 'Capsids Kosong' dengan mengidentifikasi mutasi yang membuat strukturnya cukup stabil sebagai vaksin. Capsids kosong berubah bentuk ketika dipanaskan dan tidak dapat digunakan sebagai vaksin, tetapi mutasi dalam penelitian ini mencegah perubahan yang merusak capsids.

Vaksin Polio


Saat ini polio sedang diberantas di seluruh dunia, setiap negara seharusnya terus memberikan vaksinasi agar tidak mewabah. Produksi vaksin polio memerlukan pertumbuhan virus hidup yang banyak, kemudian secara kimia dibunuh sehingga virus berisiko keluar dari lingkungannya dan hidup kembali. Sementara VLP dianggap stabil dan sangat cocok sebagai pengganti vaksin virus polio yang dimatikan, dan dapat diproduksi dengan cara yang tidak memerlukan pertumbuhan virus hidup.

Menurut David Rowlands, Profesor Molekuler Virologi, metode ini menciptakan vaksin yang telah terbukti bekerja dalam kondisi laboratorium. Ilmuwan telah membuktikan kemampuan vaksin polio lebih stabil daripada vaksin yang ada saat ini. Penelitian selanjutnya akan menggunakan hewan, sebagai bagian dari proses penting untuk memastikan VLP aman dan efektif bagi manusia.
Stabilitas VLP yang dimodifikasi dapat diproduksi dengan menggunakan teknik bioteknologi tanpa melibatkan pertumbuhan virus hidup. 

Profesor Nicola Stonehouse dari University of Leeds mengatakan, dorongan dunia internasional untuk memberantas polio menggunakan vaksin yang ada terus berlanjut. Tetapi metode lain harus ditemukan untuk menjaga vaksinasi aman setelah virus diberantas. Penelitian lebih lanjut akan memperbaiki metode pembuatan vaksin, dan vaksin ini dianggap ampuh untuk tiga bentuk polio. 

Referensi

  • Scientists prove new approach to Polio vaccines works, 01 feb 2017, by University of Leeds.
  • Increasing Type 1 Poliovirus Capsid Stability by Thermal Selection. Journal of Virology, 2017; 91 (4): e01586-16 DOI: 10.1128/JVI.01586-16
  • Man on street with atrophy and paralysis of the right leg and foot due to polio, image courtesy of Wikimedia Commons.


Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.