Ads Top

Manfaat Bakteri Menguntungkan Manusia Untuk Mencegah Kanker

Ilmuwan telah membuktikan manfaat bakteri menguntungkan manusia, dimana sebagian besar bakteri usus merupakan faktor yang menyebabkan penyakit dan bahkan mencegah obesitas. Tetapi menurut penelitian UCLA, bakteri usus juga berpotensi untuk mengurangi risiko beberapa jenis kanker. Penelitian ini diterbitkan dalam jurnal PLoS ONE, anti-inflamasi bakteri usus dapat memperlambat ataupun menghentikan perkembangan beberapa jenis kanker.

Manfaat Bakteri Menguntungkan Manusia

Menurut Profesor Robert Schiest, para dokter sebaiknya berusaha untuk mengurangi risiko kanker pada pasien dengan menganalisis tingkat dan jenis bakteri usus dalam tubuh. Kemudian memberikan resep probiotik untuk mengganti atau memperkuat jumlah bakteri dengan sifat anti-inflamasi.

Manfaat Bakteri Menguntungkan


Selama jutaan tahun, bakteri usus telah berevolusi menjadi jenis yang menguntungkan dan jenis bakteri merugikan. Manfaat bakteri menguntungkan manusia memiliki sifat anti-inflamasi, dan jenis lainnya bisa menyebabkan peradangan. Tubuh manusia biasanya mengandung sekitar 10 triliun sel-sel bakteri, sementara sel manusia hanya sekitar 1 triliun.

Para ilmuwan mengisolasi bakteri yang disebut Lactobacillus Johnsonii 456. Termasuk bakteri yang paling melimpah dari jenis bakteri menguntungkan, dan memiliki beberapa manfaat yang cukup berguna di luar obat-obatan. Strain Lactobacillus mampu membuat suatu produk menjadi sangat baik seperti pada yogurt, kefir, dan Kombucha. Bakteri mengurangi kerusakan gen dan secara signifikan mengurangi peradangan. Peradangan menjadi kunci utama dalam berbagai penyakit kanker, penyakit neurodegenerative, penyakit jantung, arthritis, lupus, dan juga berperan dalam proses penuaan.

Studi ini telah membuktikan bagaimana manfaat bakteri menguntungkan pada usus bisa menunda timbulnya kanker. Dan membuktikan bahwa suplemen Probiotik bisa menghalangi terbentuknya kanker. 
Ilmuwan menguji pemberian bakteri menguntungkan untuk mencegah kanker pada tikus. Tikus yang menerima bakteri menguntungkan menghasilkan Limfoma setengah lebih cepat daripada tikus lainnya. Selain itu, tikus ini mampu bertahan hidup empat kali lebih lama dan berkurangnya kerusakan DNA dan peradangan.

Menurut ilmuwan, memanipulasi komposisi mikroba dapat digunakan sebagai strategi yang efektif untuk mencegah atau meringankan kerentanan kanker. Pengaruh komposisi mikrobiota akan mengubah metabolisme karbon secara independen. Sehingga penggunaan suplemen mengandung probiotik akan menjadi potensi kemopreventif bagi manusia. Sedangkan manfaat bakteri menguntungkan manusia akan menurunkan pembentukan tumor pada kanker.

Referensi

Tidak ada komentar: