Ads Top


Manfaat Getaran Seluruh Tubuh Dengan Peralatan WBV

Saat ini berbagai cara dilakukan agar tubuh tetap beraktifitas, misalnya latihan dengan peralatan yang dikenal sebagai Whole-body vibration (WBV) atau getaran seluruh tubuh. Manfaat getaran seluruh tubuh (WBV) biasanya dilakukan dengan cara duduk, berdiri atau berbaring di mesin dengan platform bergetar. Getaran mesin mengirimkan energi ke tubuh dan kontraksi otot beberapa kali dalam setiap detik. Latihan ini bermanfaat untuk kesehatan otot dan tulang, studi ini diterbitkan dalam Endocrine Society, jurnal Endocrinology.

Getaran Seluruh Tubuh

Umumnya orang merasa ingin berolahraga secara teratur agar bisa mengurangi obesitas dan epidemi diabetes. Gangguan ini dapat meningkatkan risiko patah tulang, aktivitas fisik dapat membantu untuk mengurangi risiko ini dan mengurangi efek metabolik negatif di setiap kondisi.

Manfaat Getaran Seluruh Tubuh


Menurut Meghan E. McGee-Lawrence, Ph.D, studi ini merupakan yang pertama kali yang menunjukkan bahwa manfaat getaran seluruh tubuh mungkin sama efektifnya dengan berolahraga. Latihan ini memerangi beberapa konsekuensi negatif pada penderita obesitas dan diabetes. Dalam penelitian ini menggunakan tikus, manfaat getaran seluruh tubuh tidak sepenuhnya mengatasi cacat pada massa tulang penderita obesitas, bahkan meningkatkan pembentukan tulang global. Ilmuwan menyarankan perawatan jangka panjang bisa menjanjikan untuk mencegah tulang keropos.

Para ilmuwan memeriksa dua kelompok tikus jantan berusia 5 minggu, satu kelompok terdiri dari tikus normal, sedangkan kelompok lainnya merupakan genetik yang tidak responsif terhadap hormon leptin dan merasa kenyang setelah makan. Masing-masing kelompok menetap, melakukan latihan WBV ataupun latihan treadmill.

Setelah seminggu tikus-tikus mulai terbiasa dengan peralatan olahraga, kedua kelompok tikus memulai program latihan 12 minggu. Tikus-tikus pada kelompok WBV menjalani 20 menit latihan WBV pada frekuensi 32 Hz dengan akselerasi 0.5gr setiap hari. Tikus pada kelompok treadmill berjalan sedikit miring, selama 45 menit setiap hari. Sebagai perbandingan, kelompok ketiga tidak berolahraga, kemudian ketiga kelompok tikus ditimbang mingguan selama penelitian.

Tikus yang secara genetik menderita obesitas dan diabetes menunjukkan manfaat metabolik yang sama dari WBV dan berolahraga di atas treadmill. Tikus gemuk berkurang berat badannya setelah latihan atau melakukan WBV, daripada tikus obesitas pada kelompok menetap meskipun tetap lebih berat daripada tikus normal.

Hasil dari penelitian ini berkesimpulan, latihan treadmill dan WBV juga meningkatkan massa otot dan sensitivitas insulin yang secara genetik menederita obesitas. Meskipun tidak ada efek signifikan pada tubuh yang sehat, latihan intensitas rendah dan peralatan WBV dirancang untuk berhasil menurunkan kegemukan. WBV dapat dijadikan terapi tambahan yang berguna untuk memerangi disfungsi metabolik pada individu dengan obesitas morbid.

Tetapi, penelitian manfaat getaran seluruh tubuh dilakukan pada tikus sehingga perlu diuji pada manusia untuk melihat apakah hasilnya juga sama.

Referensi

  • Whole-body Vibration Mimics the Metabolic Effects of Exercise in Male Leptin Receptor Deficient Mice. Endocrinology, 2017 DOI: 10.1210/en.2016-1250

Tidak ada komentar: