Ads Top

Manfaat Makan Alpukat Setiap Hari Turunkan Kolesterol Jahat


Ilmuwan mengatakan bahwa manfaat makan alpukat setiap hari sebagai bagian dari diet sehat sangat bermanfaat untuk menurunkan kolesterol jantung. Satu buah alpukat dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol jahat pada orang yang kelebihan berat badan dan obesitas.

Manfaat Makan Alpukat

Di beberapa penelitian alpukat, buah ini tidak hanya mengandung lemak baik tetapi juga Mikronutrien tertentu dan komponen bioaktif yang berperan penting untuk mengurangi risiko penyakit jantung.

Makan Alpukat Setiap Hari


Banyak diet jantung sehat sarankan menggantikan asam lemak jenuh dengan asam lemak tak jenuh ganda untuk mengurangi risiko penyakit jantung. Hal ini karena lemak jenuh bisa meningkatkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular. Misalnya diet Mediterania dan makanan yang kaya asam lemak tak jenuh tunggal seperti extra-virgin olive oil (minyak zaitun asli) dan kacang-kacangan.

Para peneliti mengevaluasi manfaat makan alpukat setiap hari memiliki faktor kardiovaskular, mengganti asam lemak jenuh dengan asam lemak tak jenuh. Pendapat ini berdasarkan penelitian pada 45 pasien yang sehat, kelebihan berat badan, obesitas antara usia 21 dan 70 tahun, dan mengelompokkan mereka kedalam tiga diet penurun kolesterol yang berbeda.

Peserta yang terlibat dalam pengujian ini mengkonsumsi makanan yang terdiri dari 34 persen kalori dari lemak, 51 persen karbohidrat, dan 16 persen protein. Aktifitas ini dilakukan selama dua minggu sebelum memulai salah satu program untuk menurunkan kolesterol. Program itu antara lain adalah diet rendah lemak tanpa alpukat, diet moderat lemak tanpa alpukat, dan diet moderat-lemak disertai makan alpukat setiap hari.

Di Amerika Serikat, makan alpukat setiap hari bukan makanan utama dan harganya mahal, terutama pada saat-saat tertentu. Kebanyakan orang tidak mengetahui bagaimana memasukkannya kedalam program diet mereka. Alpukat dapat juga dimakan dengan salad, sayuran, sandwich, makanan protein tanpa lemak seperti ayam atau ikan, atau bahkan sekaligus semuanya. Penelitian ini menggunakan alpukat berkulit hijau bergelombang yang merupakan komponen bioaktif dan bisa berkontribusi pada serat, pitosterol, dan senyawa lainnya.

Referensi

  • Effect of a Moderate Fat Diet With and Without Avocados on Lipoprotein Particle Number, Size and Subclasses in Overweight and Obese Adults: A Randomized, Controlled Trial. Journal of the American Heart Association, January 2015 DOI: 10.1161/JAHA.114.001355
  • Avocado fruit and foliage Reunion island, image courtesy of Wikimedia Commons


Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.