Ads Top

Manfaat Yoga Untuk Kesehatan Jiwa Kurangi Gejala Depresi

Tahukah Anda, manfaat yoga untuk kesehatan jiwa bagi orang yang menderita depresi sangat penting. Penderita depresi disarankan berpartisipasi dalam latihan yoga dan kelas pernapasan. Ilmuwan menyarankan setidaknya latihan mingguan sebanyak dua kali ditambah latihan di rumah untuk menurunkan gejala signifikan.

Manfaat Yoga Untuk Kesehatan Jiwa

Studi ini diterbitkan dalam Journal of Alternative and Complementary Medicine. Para ilmuwan menjelaskan dan memberi dukungan untuk melakukan latihan berbasis yoga sebagai alternatif penyembuhan, atau suplemen dalam masa perawatan farmakologis untuk depresi.

Manfaat Yoga Untuk Kesehatan Jiwa


Menurut ilmuwan, gangguan depresi mayor (Major Depressive Disorder, atau MDD) merupakan gangguan umum, berulang, bahkan kronis dan melumpuhkan pasien. Karena sebagian prevalensi, depresi global merupakan penyebab utama yang menimbulkan kecacatan pada penyakit lainnya. Pasien tidak mencapai remisi penuh hingga 40 persen, mereka diobati dengan obat antidepresan untuk MDD.

Penelitian ini menggunakan Lyengar yoga yang memiliki penekanan detail, presisi dan keselarasan dalam kinerja postur dan napas yang terkontrol. Para ilmuwan menguji individu dengan MDD dengan mengacak kelompok dosis tinggi, mengikuti tiga kelas selama 90 menit seminggu dan ditambah dengan praktek dirumah. Atau kelompok dosis rendah, mengikuti dua kelas selama 90 menit seminggu, ditambah praktek dirumah.

Kedua kelompok latihan ini mengalami penurunan gejala depresi yang signifikan, dan tidak ada perbedaan yang signifikan dalam mengikuti program latihan. Meskipun sebagian besar latihan pada kelompok dosis tinggi mampu menurunkan gejala depresi, para peneliti percaya bahwa menghadiri kelas dua kali seminggu plus praktek rumah mungkin merupakan cara yang kurang memberatkan. Tetapi latihan ini masih efektif untuk mendapatkan manfaat ketenangan jiwa.

Menurut Profesor Chris Streeter, studi ini mendukung latihan yoga dan intervensi pernapasan koheren dalam pengobatan depresi besar pada orang yang tidak mengalami antidepresan, bagi mereka yang telah diberikan dosis stabil antidepresan, dan belum mencapai resolusi gejala.

Streeter mengatakan, dibandingkan dengan obat yang mengubah suasana hati atau ketenangan, manfaat yoga untuk kesehatan jiwa memiliki keuntungan untuk menghindari efek samping obat tambahan dan interaksi obat. Sebagian besar pengobatan farmakologis untuk sistem monoamine ditujukan untuk depresi, seperti obat serotonin, dopamin dan norepinefrin. Intervensi ini menargetkan sistem asam aminobutyric parasimpatis dan gamma, dan membuka jalan baru untuk pengobatan depresi.

Referensi

  • Treatment of Major Depressive Disorder with Iyengar Yoga and Coherent Breathing: A Randomized Controlled Dosing Study. The Journal of Alternative and Complementary Medicine, 2017; DOI: 10.1089/acm.2016.0140


Tidak ada komentar: