Ads Top


Minum Jus Blueberry Meningkatkan Fungsi Otak Orang Tua

Menurut penelitian oleh University of Exeter, minum jus blueberry terkonsentrasi meningkatkan fungsi otak pada orang tua. Studi ini berdasarkan penelitian pada orang sehat berusia 65 hingga 77 tahun yang diberi minum jus blueberry terkonsentrasi setiap hari. Analisa menunjukkan perbaikan dalam fungsi kognitif, aliran darah ke otak dan aktivasi otak saat melakukan tes kognitif, juga bukti yang menunjukkan adanya perbaikan dalam kerja memori otak.

minum jus blueberry

Menurut Dr Joanna Bowtell di University of Exeter, fungsi kognitif manusia cenderung menurun seiring bertambahnya usia. Padahal dalam penelitian sebelumnya telah membuktikan bahwa fungsi kognitif yang lebih baik terawetkan pada orang dewasa yang lebih tua dan sehat dengan makanan kaya nabati.

Minum Jus Blueberry


Dalam penelitian sebelumnya justru menyatakan bahwa risiko demensia berkurang apabila mengkonsumsi lebih banyak buah dan sayuran. Dan fungsi kognitif lebih baik pada orang dewasa sehat yang lebih tua dengan diet kaya makanan nabati. Secara umum, Flavonoid dapat ditemukan berlimpah pada tanaman, zat yang cenderung menjadi komponen penting dalam menyebabkan efek ini.

Manfaat blueberry kaya akan flavonoid, zat ini dikenal memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi. Dalam studi ini ilmuwan telah membuktikan, dalam waktu 12 minggu meminum 30 ml jus blueberry terkonsentrasi setiap hari, maka aliran darah otak, aktivasi otak, dan beberapa aspek memori akan meningkat pada orang dewasa sehat yang lebih tua.

Studi ini melibatkan sekitar 26 peserta orang dewasa sehat, 12 orang diantaranya diberi minum jus blueberry terkonsentrasi. Para ilmuwan memberikan minuman blueberry 230 gram sekali sehari, sementara 14 peserta lainnya menerima plasebo. Placebo, istilah medis untuk terapi obat-obatan maupun prosedur medis yang tidak memiliki bukti kegunaan bagi kesembuhan pasien.

Sebelum dan setelah periode 12 minggu, peserta diminta melakukan tes kognitif. Ilmuwan juga menggunakan scanner MRI untuk memantau fungsi otak mereka dan mengukur aliran darah otak. Hasil pengujian ini jauh lebih baik dibandingkan dengan kelompok peserta plasebo. Orang yang mengkonsumsi suplemen blueberry menunjukkan peningkatan signifikan dalam aktivitas otak, khususnya pada daerah otak yang berhubungan dengan tes ini.

Referensi

  • Blueberry concentrate improves brain function in older people, 07 March 2017, by University of Exeter.
  • Enhanced task related brain activation and resting perfusion in healthy older adults after chronic blueberry supplementation. Applied Physiology, Nutrition, and Metabolism, 2017; DOI: 10.1139/apnm-2016-0550

Tidak ada komentar: