Ads Top

Pengobatan Alergi Rhinitis Hidung Dengan Kombinasi Probiotik

Beberapa orang sangat sensitif dan tidak terpengaruh dengan pengobatan alergi rhinitis ataupun alergi hidung. Pada musim dingin penderita cenderung menggunakan saputangan dan bersin-bersin ditempat umum. Baru-baru ini, ilmuwan dari Universitas Florida telah membuktikan bahwa kombinasi probiotik dapat membantu mengurangi gejala demam selama musim alergi.

Pengobatan Alergi Rhinitis Hidung

Alergi hidung musiman dapat mengurangi tidur dan produktivitas di tempat kerja atau sekolah, dan dapat menyebabkan stres. Pada umumnya pengobatan alergi hidung memiliki efek samping yang tidak diinginkan, termasuk mulut kering dan mengantuk, sehingga sangat mengganggu aktifitas rutin.

Pengobatan Alergi Rhinitis


Beberapa penelitian sebelumnya juga telah membuktikan kemampuan probiotik untuk mengatur respon kekebalan tubuh terhadap alergi rhinitis. Menurut Jennifer Dennis, tidak semua senyawa probiotik bisa bermanfaat untuk mengatur respon imune.

Kombinasi probiotik Lactobacilli dan Bifidobacteria yang umumnya dijual di toko-toko, dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan dan sistem kekebalan tubuh. Para peneliti menduga bahwa probiotik bekerja dengan cara meningkatkan persentase T-sel pada tubuh manusia. Sehingga pada gilirannya dapat meningkatkan toleransi terhadap serangan gejala demam.

Para ilmuwan melibatkan 173 orang dewasa sehat yang menderita alergi musiman, kemudian membaginya menjadi dua kelompok. Beberapa diantaranya menggunakan obat kombinasi probiotik, sementara yang lainnya menggunakan plasebo, dan percobaan berlangsung selama delapan minggu. Para ilmuwan juga menganalisis DNA dari sampel tinja peserta untuk menentukan bagaimana bakteri berubah. Karena probiotik bertujuan untuk memberikan bakteri yang baik untuk sistem usus manusia.

Orang yang menggunakan probiotik mengalami perbaikan dalam kualitas hidup, dibandingkan dengan orang yang menggunakan plasebo. Peserta yang menderita alergi rhinitis ternyata lebih sedikit mengalami alergi setelah menggunakan obat kombinasi probiotik, tidak bermasalah selama kegiatan sehari-hari.

Penelitian ini memang tidak termasuk pengobatan alergi rhinitis hidung yang parah, tetapi kombinasi probiotik menunjukkan manfaat klinis untuk orang-orang yang menderita alergi rhinitis atau alergi musiman yang lebih ringan.

Referensi

  • Allergies? Probiotic combination may curb your symptoms, new study finds, 01 March 2017, by University of Florida.
  • Probiotics ( Lactobacillus gasseri KS-13, Bifidobacterium bifidum G9-1, and Bifidobacterium longum MM-2) improve rhinoconjunctivitis-specific quality of life in individuals with seasonal. The American Journal of Clinical Nutrition, 2017; 105 (3): 758 DOI: 10.3945/ajcn.116.140012

Tidak ada komentar: