Ads Top


Pengobatan Hiperkolesterolemia Untuk Mencegah Serangan Jantung

Para peneliti dari University of Alabama mengembangkan dan menguji peptida baru untuk pengobatan Hiperkolesterolemia Familial. FH merupakan kondisi genetik yang dihasilkan dari ketidakmampuan tubuh untuk membersihkan low-density lipoprotein (LDL), atau kolesterol jahat dalam darah yang menyebabkan kadar kolesterol tinggi.

Pengobatan Hiperkolesterolemia

Ada dua bentuk FH yaitu Heterozigot (HeFH) dan Homozigot (HoFH), keduanya merupakan jenis yang paling serius. Jika tidak diobati, HoFH bisa menyebabkan penyakit jantung diusia awal remaja dan kadang-kadang diderita anak usia dini.

Pengobatan Hiperkolesterolemia Familial, Kolestrol Tinggi


Ilmuwan mengembangkan Peptida yang disebut AEM-28-14 berpotensi untuk mengobati pasien yang menderita HoFH dengan cara baru, bukan pengobatan biasa Apheresis plasma/LDL. AEM-28-14 dimasukkan ke dalam lipoprotein kaya kolesterol dan mengarahkannya ke reseptor pada hati. Lipoprotein kemudian diinternalisasikan dan terdegradasi melalui jalur yang ada, secara dramatis mengurangi kadar kolesterol darah untuk jangka waktu yang lebih lama. Proses ini dilakukan hampir setiap dua bulan, dibandingkan dengan plasma/LDL Apheresis yang harus diberikan setiap dua minggu.

Perawatan saat ini bergantung pada peningkatan ekskresi LDL melalui jalur reseptor LDL. Pada pasien FH, LDL tidak dapat dibersihkan melalui jalur reseptor karena rusak. Peptida AEM-28-14 melewati jalur reseptor LDL dan terbukti bisa membersihkan sebagian besar LDL pada model hewan yang relevan.

Tingkat kolesterol LDL yang ideal biasanya 130 mg/dL, orang dewasa menderita Familial Hiperkolesterolemia umumnya memiliki kadar kolesterol LDL lebih dari 190 mg/dL. Pasien HoFH yang tidak menggunakan obat-obatan memiliki tingkat LDL antara 500 hingga 1000 mg/dL. Kolesterol yang sangat tinggi bertindak seperti racun pada pembuluh darah, mengakibatkan penimbunan lemak dan deposit kolesterol di pembuluh darah yang menuju ke jantung dan hati. Situasi ini berrisiko lebih besar terkena serangan jantung atau stroke.

Menurut FH Foundation, satu dari 250 orang menderita HeFH dan satu dari 160,000 orang menderita HoFH. Saat ini FH bertanggung jawab atas 20 persen dari semua serangan jantung pada 45 orang berusia lebih muda. Jika tidak diobati, 50 persen pria yang menderita FH akan mengalami serangan jantung pada usia 50, dan 30 persen perempuan akan mengalami serangan jantung pada usia 60.

Jika dalam keluarga telah didiagnosis menderita kolestrol tinggi (Familial Hiperkolesterolemia), sebaiknya anak-anak harus diuji untuk memungkinkan modifikasi perilaku dan pola makan. Gen buruk dengan lingkungan yang buruk akan menyebabkan serangan jantung atau bahkan lebih dari itu.

Mendidik pasien tentang tanda-tanda fisik penderita FH akan menimbulkan peningkatan kesadaran. Misalnya pendidikan tentang tanda-tanda fisik umum seperti tendon membengkak di bagian belakang tumit, penumpukan lemak warna kuning di kulit sekitar mata dan penumpukan kolesterol putih disekitar bagian mata berwarna.

Mengurangi tingkat LDL setidaknya 50 persen dari nilai dasar merupakan tujuan pengobatan, dimana dokter berusaha untuk mencapai dengan menggunakan statin intensitas tinggi pada pasien Familial Hiperkolesterolemia. Hanya ada 58 pusat plasma/LDL Apheresis di seluruh Amerika Serikat, secara signifikan membatasi akses pasien. Para ilmuwan berharap bahwa peptida baru ini akan menjadi pilihan pengobatan Hiperkolesterolemia yang lebih baik.

Referensi

  • UAB Developing New Peptide to Combat a Disorder That Causes Heart Attacks at Early Age, 21 February 2017, by University of Alabama at Birmingham. 
  • Xanthelasma palpebrarum, image courtesy of Wikimedia Commons

Tidak ada komentar: