Ads Top

Penyakit Peredaran Darah Menyebabkan Penyebaran Kanker

Dalam studi ini menjelaskan bahwa penyakit peredaran darah yang disebabkan Notch bertanggung jawab dalam pertumbuhan dan penyebaran kanker. Andreas Fischer telah meneliti sel-sel yang melapisi dinding dalam pembuluh darah (sel endotel) dan sel-sel kanker berada dekat satu sama lain dan saling mempengaruhi satu sama lain.

Penyakit Peredaran Darah

Para ilmuwan telah menemukan bentuk aktif dari molekul sinyal yang disebut Notch di pembuluh darah tumor dengan tingkat yang sangat tinggi. Didalam pembuluh darah, lapisan sel-sel pada tumor paru-paru, kanker payudara dan kanker usus, tingkat signifikan Notch lebih tinggi dari reseptor yang diaktifkan dibandingkan pada organ yang sehat. Semakin tinggi tingkat aktivasi Notch berada di endotelium tumor, semakin cepat kanker menyebar dan prognosis bagi pasien.

Penyebaran Penyakit Peredaran Darah


Aktivasi reseptor Notch protein dengan mitranya mengikat, merupakan jalur komunikasi utama bagi pertukaran sinyal antara sel-sel tetangga. Notch mengatur perkembangan organ selama perkembangan embrio, pada orang dewasa mengatur aktivitas sel-sel induk darah. Notch signaling dapat mengubah sel-sel kanker, misalnya sel-sel darah putih menjadi sel-sel leukemia. Fischer membuktikan bahwa aktivitas sel Notch dalam lingkungan mikro tumor juga berpengaruh terhadap penyakit kanker.

Sel-sel tumor berperan dalam aktivasi Notch dan kontak langsung dengan sel-sel endotel. Mereka memprogram ulang sel-sel dinding pembuluh darah untuk tujuannya sendiri, sehingga membuka jalan bagi penyebaran sel didalam tubuh. Notch lebih aktif dalam endotelium tumor, sel-sel kanker membuat jalan ke dalam aliran darah dan membentuk metastasis kanker paru-paru.

Aktivasi Notch pada penderita tumor tidak hanya terbatas pada peredaran darah di tumor, juga mempengaruhi sel-sel endotel di paru-paru. Tumor melepaskan zat yang menandakan persiapan rumah untuk kolonisasi metastasis-nya.

Aktivasi Notch menghasilkan sel-sel endotel meningkatkan produksi di molekul kontak yang disebut VCAM1. Protein ini bertindak seperti pengikat sekejap, memungkinkan sel-sel kanker membawanya ke dinding pembuluh darah. Selain itu, aktifasi Notch memudahkan sel kanker untuk masuk ke peredaran darah dengan membuat struktur tertentu dengan penyegelan fungsi antara sel-sel endotel yang lebih permeabel. Notch juga menyebabkan sel-sel endotel untuk memproduksi zat kimia yang merekrut sel imun tumor dan menyebabkan tumor.

Para ilmuwan memblokir Notch menggunakan antibodi yang saat ini sedang diuji, uji praklinis awal, sehingga mampu mengurangi kolonisasi sel-sel kanker di paru-paru. Pemblokiran gejala penyakit peredaran darah melalui kontak molekul VCAM1 dengan antibodi juga mengurangi metastasis paru-paru, dan menurunkan invasi tumor dan sel kekebalan kanker.

Referensi

  • Reprogrammed blood vessels promote cancer spread, 01 March 2017, by German Cancer Research Center (Deutsches Krebsforschungszentrum, DKFZ). 
  • Endothelial Notch1 Activity Facilitates Metastasis. Cancer Cell, 2017; DOI: 10.1016/j.ccell.2017.01.007

Tidak ada komentar: