Ads Top

Cara Membuat Obat Herbal Daun Meniran Untuk Diabetes Melitus


Untuk memperoleh senyawa yang bermanfaat untuk pengobatan, ilmuwan menggunakan metode ekstraksi. Disini akan dijelaskan bagaimana cara membuat obat herbal daun meniran untuk pengobatan diabetes melitus atau kencing manis. Hal ini juga sama seperti yang dilakukan nenek moyang kita sejak dahulu. Perbedaannya adalah cara ekstraksi, antara yang kuno dan modern. Tidak seperti obat modern yang dicampur berbagai bahan kimia dalam proses pembuatannya. Ramuan herbal tradisional hanya meracik ramuan atau istilah ini lebih dikenal dengan jamu.

Cara Membuat Obat Herbal Daun Meniran

Salah satu tanaman gulma yang bermanfaat untuk kesehatan adalah tanaman Sidukung Anak, atau Meniran, juga dikenal sebagai Phillanthy Herba. Dalam bahasa latin disebut Phylanthus Aurinaria L. yang biasanya tumbuhan liar sebagai gulma. Tetapi dalam bidang kesehatan sangat berpotensi sebagai bahan obat tradisional. Diantaranya dalam pembuatan herbal kuno yang mampu menghancurkan batu ginjal, dan pereda sakit pinggang. Selain itu juga bermanfaat untuk melancarkan air seni, oabt sakit encok, obat sembelit, penurun panas, dan antidiare.

Cara Membuat Obat Herbal Daun Meniran


Diabetes melitus termasuk salah satu penyakit kronis, dianggap sangat berbahaya. Saat ini penderitanya semakin bertambah setiap hari, sepanjang tahun. Gejala awal penyakit kencing manis atau diabetes melitus diantaranya peningkatan kadar gula dalam darah. Hal ini akibat gangguan sistem metabolisme di dalam tubuh.

Penyakit diabetes melitus cukup sulit disembuhkan, umumnya penderita berusaha untuk mengontrol kadar gula dalam darah. Kekurangan hormon insulin yang diproduksi pada pankreas akan menyebabkan munculnya gejala diabetes melitus. Karena pankreas maksimal memproduksi hormon insulin yang berfungsi untuk mengendalikan kadar gula dalam darah. Lalu, bagaimana cara mengatasi penyakit ini dengan ramuan herbal yang telah digunakan nenek moyang kita sejak dahulu? Berikut ini salah satu cara membuat obat herbal daun meniran untuk mengobati diabetes melitus.

Anda cukup menyediakan bahan-bahan berikut yang mudah di dapatkan. Beberapa tanaman herbal ini tumbuh disekitar pekarangan rumah sebagai gulma atau rumput liar.
  1. Daun Kumis Kucing (Orthosiphon aristatus), ambil atau beli jika tidak ditemukan. Takaran dosis sepertiga genggam.
  2. Daun Meniran (Phylanthus Aurinaria L) dan daun Sambilata (Andrographis paniculata), masing-masing ambil sebanyak setengah genggam.
  3. Daun Mimba (Azadirachta indica A. Juss), takaran kira-kira sepertiga genggam.
  4. Setelah semua bahan terkumpul, semua bahan herba direbus kedalam 3 gelas air hingga air menjadi satu setengah. Ramuan herba ini diminum setengah gelas, 3 kali sehari.

Cara membuat obat herbal daun meniran diatas bisa menjadi resep ampuh dan ekonomis. Ramuan ini dapat diterapkan untuk Anda yang menginginkan kesembuhan dari penyakit diabetes melitus. Setidaknya bisa memanfaatnya sumber daya disekitar kita, terutama tanaman gulma yang selama ini dianggap tidak penting.

Referensi



Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.