Ads Top

Cara Membuat Teh Pegagan, Meracik Herbal Berbagai Penyakit


Inilah cara membuat teh pegagan, bagaimana meracik herbal untuk pengobatan berbagai penyakit. Pegagan juga disebut Antanan atau daun Kaki Kuda, bahasa latin disebut Centella Asiatica. Tanaman ini sejenis gulma merambat yang hidup liar disekitar kita. Tanaman pegagan dapat ditemukan ditepi selokan, galangan sawah, dibawah pohon rindang dan semak belukar. Sebelum meracik herbal pegagan, sebaiknya kenali lebih dahulu ciri-ciri tanaman pegagan pada artikel sebelumnya.

Cara Membuat Teh Pegagan

Menurut legenda, Gotu Kola atau Pegagan merupakan salah satu tanaman dalam tradisi herbal yang menyebabkan umur panjang. Herbal ini diajarkan dari guru T'ai Chi Ch'uan Li Ching-Yuen, dia hidup sampai 256 tahun karena ramuan pegagan dari Tiongkok. Ada beberapa jenis pegagan yaitu pegagan merah dan pegagan hijau. Pegagan merah tumbuh di daerah bebatuan, kering dan terbuka. Sedangkan pegagan hijau tumbuh didaerah pesawahan dan disela-sela rumput. Selain itu, ada jenis Antanan kembang, antanan beurit, antanan gunung dan antanan air.


Cara Membuat Teh Pegagan


Pengobatan tradisional telah lama menggunakan daun Pegagan untuk mengobati varises, insufisiensi vena kronis, psoriasis, luka ringan, dan merangsang air susu ibu. Menurut penelitian dari American Cancer Society, ekstrak tanaman pegagan mampu mengurangi perkembangan sel tumor. Daun Pegagan digunakan sebagai ramuan obat dalam tradisi Ayurvedic, tradisi herbal di Barat, tradisi herbal di Afrika dan Tiongkok. 

Salah satu pengobatan bertujuan untuk merangsang regenerasi kulit pada luka bakar dan mencegah pembentukan jaringan parut. Daun Pegangan memiliki senyawa Tanin, Asiaticosida dan Antilepra, untuk menyembuhkan luka dan radang di tenggorokan, sakit perut, dan usus. Daun pegagan bersifat manis, mendinginkan, membersihkan darah, dan melancarkan peredaran darah. Selain berbagai manfaat daun pegagan, tanaman herbal ini juga kaya mineral, diantaranya garam kalium, magnesium, kalsium dan besi. Berikut ini merupakan cara membuat teh pegagan herbal sederhanan di rumah Anda:
  1. Cara membuat teh pegagan untuk menyembuhkan Lepra, Mimisan, dan Hipertensi. Ambil segenggam pegagan segar, kemudian rebus dengan 2 gelas air hingga menjadi tigaperempat gelas. Minum teh ini tigaperempat gelas, tiga kali sehari.
  2. Cara membuat teh pegagan untuk menyembuhkan Ambeien. Ambil 4 hingga 5 batang tanaman beserta akarnya, kemudian dicuci dan rebus kedalam 2 gelas air selama 5 menit. Saring teh ini, dan minum rebusan segelas, dua kali sehari selama beberapa hari.
  3. Cara membuat teh pegagan untuk menyembuhkan Demam. Ambil segenggam pegagan, cuci bersih dan kemudian dihaluskan. Tambahkan tigaperempat gelas air bersih dan sedikit garam, kemudian aduk-aduk dan saring sebelum diminum. Buat ramuan pertama ini setiap pagi sebelum sarapan, untuk mengobati demam biasa. Untuk demam yang tidak diketahui sebabnya, berikan ramuan selang-seling selama 10 hari. Pembuatan ramuan kedua sama seperti diatas, tetapi ditambah segenggam daun Pare.
  4. Cara membuat teh pegagan untuk menyembuhkan Campak. Ambil 2 genggam daun pegagan dan dicuci, rebus kedalam 2 gelas air sampai tinggal 1 gelas. Minum setiap hari sekali sampai sembuh.
  5. Cara membuat teh pegagan untuk menyembuhkan batuk. Ambil segenggam pegagan dan cuci bersih, kemudian dihaluskan. Tambahkan air sebanyak tigaperempat gelas dan gula secukupnya, kemudian aduk. Saring sebelum diminum, lakukan sehari sekali sampai sembuh.
  6. Cara membuat teh pegagan untuk menyembuhkan sakit kepala. Ambil segenggam daun pegagan, ditambah seperempat sendok jintan. Rebus semuanya dengan segelas air sampai tinggal setengah. Kemudian saring, teh ini ditambah 1 sendok madu sebelum diminum.
  7. Cara membuat teh pegagan untuk menambah nafsu makan. Ambil segenggam daun pegagan segar yang sudah dicuci bersih. Kemudian rebus dengan 2 gelas air hingga menjadi segelas. Teh ini diminum segelas setaip hari.

Ada lagi metode perasan (bukan teh) untuk pengobatan mata merah dan bengkak. Caranya, ambil segenggam daun pegagan yang dicuci bersih, kemudian dihaluskan. Peras ramuan ini dan saring, kemudian teteskan ke mata yang sakit sebanyak 3 sampai 4 kali sehari. 

Tetapi cara dibawah ini termasuk yang paling aneh, Anda boleh mempercaiyai metode ini atau tidak sama sekali. Untuk pengobatan melancarkan Air Seni dengan cara melumat segenggam daun pegagan yang sudah dicuci, kemudian ditempelkan pada pusar. Belum jelas efeknya pada pusar, tetapi nenek moyang kita telah menggunakannya selama ratusan tahun.

Referensi

  • Pharmacological Review on Centella asiatica: A Potential Herbal Cure-all. Indian Journal Pharm Science, 2010.
  • Centella Asiatica, image courtesy of Wikimedia Commons.


Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.