Ads Top

Cara Mengolah Rumput Mutiara, Resep Obat Kanker Dan Lainnya


Jika disekitar rumah Anda terdapat tanaman yang satu ini, jangan dibuang walaupun rumput ini termasuk gulma. Padahal diluar sana banyak sekali orang yang ingin mengetahaui bagaimana cara mengolah rumput mutiara, terutama mengobati untuk kanker dan penyakit kronis lainnya.

Cara Mengolah Rumput Mutiara

Sebelum Anda mencoba untuk membuat tanaman ini menjadi herbal atau obat ampuh, sebaiknya kenali dahulu jenis apa saja yang dapat dipergunakan. Jenis tanaman ini ada 115 yang termasuk kedalam spesis Hedyotis. Spesies yang biasa digunakan untuk herbal adalah Hedyotis Biflora, Hedyotis Corymbosa, dan Hedyotis Diffusa. Disini akan dijelaskan bagaimana cara mengolah rumput mutiara dari spesis Hedyotis Corymbosa. Jika masih belum mengetahui bagaimana bentuk fisiknya, silahkan lihat artikel terdahulu tentang manfaat dan ciri-ciri rumput mutiara.

Cara Mengolah Rumput Mutiara Menjadi Teh Herbal


Dalam catatan pengobatan dan tradisi di Asia, rumput mutiara telah dikenal sebagai tanaman herbal super. Salah satunya untuk pengobatan herbal di Cina, India, dan di negara-negara Asia Tenggara. Menurut beberapa penelitian, rumput mutiara mengandung senyawa aktif asam ursolat dan asam uleanolat. Kedua senyawa ini terbukti mencegah perkembangan dan pembelahan sel kanker ke tahap yang lebih ganas. Sehingga tanaman ini mampu mengobati jenis kanker ganas antara lain kanker lambung, kanker payudara, kanker rektrum, kanker serviks, dan kanker nasofaring. 

Dalam penelitian medis, rumput mutiara mengandung Hentriacontane, stigmasterol, ursolic acid, oleanolic acid, Beta-sitosterol, sitisterol-D-glucoside, p-coumaric acid, flavonoid glycosides dan Baihuasheshecaosu. Menurut penelitian Asyhar pada tahun 2009, ekstrak Etanolik rumput mutiara menunjukkan hasil kualitatif terhadap ekspresi protein N-Ras. Metode ini menggunakan metode imunohistokimia, dan diketahui bahwa senyawa didalamnya mampu meningkatkan pemacuan ekspresi N-Ras sel normal. Temuan ini sangat berpotensi sebagai hepatoprotektor. 

Rumput Mutiara

Bagaimana cara mengolah rumput mutiara untuk pengobatan? Berikut ini cara praktis membuat teh dari tanaman rumput mutiara:
  1. Ambil daun dan batang kira-kira 50 gram, kemudian masukkan kedalam 10 gelas air dan hingga mendidih. 
  2. Tunggu beberapa saat hingga air menjadi 2 gelas. 
  3. Anda bisa meminum segelas ramuan teh rumput mutiara 2 kali sehari, pagi dan sore. 
Selain untuk mengobati kanker, manfaat teh rumput mutiara juga dapat mengobati penyakit amandel atau radang tonsil, bronkitis, faringitis. Juga mengobati hepatitis, radang usus buntu, malaria, kolesistis, radang panggul, bisul dan borok, fibrosarkoma, pneumonia. Sangat baik untuk penderita darah tinggi, kolestrol dan jantung, karena seduran teh rumput mutiara dapat melancarkan kardiovaskuler.

Efek Samping Teh Rumput Mutiara


Racikan teh bisa digunakan untuk penyakit yang disebutkan diatas, termasuk kanker dan lainnya. Untuk pengobatan penyakit demam ataupun penyakit yang sudah sembuh, hentikan penggunaan herbal. Apabila ingin tetap meminum teh ini, gunakan dosis yang lebih sedikit. Misalnya seperempat gelas perhari atau takaran cangkir, sebagai pengganti minum teh atau kopi. Adapun efek samping rumput mutiara herbal diantaranya:
  1. Biasanya peminum teh herbal ini akan merasakan efek samping dalam 10 hari. Diantaranya efek mulut terasa kering karena rasanya sedikit pahit. 
  2. Meminum ramuan teh dalam dosis tinggi menyebabkan jumlah sel darah putih sedikit menurun. Tetapi efek ini akan kembali normal selama 3 sampai 5 hari jika menghentikan meminum teh rumput mutiara.
Rumput mutiara berasa manis dan sedikit pahit, bersifat lembut, netral dan agak dingin. Tanaman ini sudah dikenal sejak zaman dahulu untuk menghilangkan demam dan Hepatoprotektor (pelindung hati). Hepatoprotektor adalah senyawa obat yang memiliki efek teurapeutik, untuk memulihkan, memelihara, dan mengobati kerusakan dari fungsi hati. Kerusakan fungsi hati diantaranya menyebabkan penyakit hepatitis, penyakit kuning, kanker hati dan limpa, hati berlemak, insufisiensi hati, sirosis hati, sakit pada ulu hati, batu dan radang kandung empedu.

Cara mengolah rumput mutiara juga digunakan untuk pengobatan luar, misalnya untuk herbal luar karena gigitan ular, obat balur tulang patah dan terkilir, tersiram air panas, radang kulit dan bernanah, sakit gondongan. 

Referensi

  • Hepatoprotective studies on Hedyotis corymbosa (L.) Lam. Journal of Ethnopharmacology 106 (2): 245–249. doi:10.1016/j.jep.2006.01.002.
  • Optimal Oxidative Folding of the Novel Antimicrobial Cyclotide from Hedyotis biflora Requires High Alcohol Concentrations. Wong CTT, Taichi M, Nishio H, Nishiuchi Y, Tam JP. Biochemistry (Mosc) 2011, 50(33):7275-7283.
  • Rumput Mutiara (Hedyotis corymbosa), publish by CCRC-UGM Farmasi.
  • Hedyotis corymbosa, image courtesy of Wikimedia Commons.


Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.