Ads Top

Manfaat Daun Krokot Untuk Kecantikan Sebagai Pemutih Alami


Tanaman krokot telah dikenal bagi orang yang hobi memelihara burung. Manfaat daun krokot untuk kecantikan, selain itu juga sebagai bahan pakan ternak dan telah lama digunakan untuk herba. Tanaman krokot, dalam bahasa latin disebut Portulaca Oleracea L, juga dikenal sebagai verdolaga, pigweed, litte hogweed, ataupun red root. Krokot merupakan tanaman sukulen tahunan dari keluarga Portulacaceae, tanaman menjalar dengan tinggi 40 cm, dan memiliki 40 kultivar.

Manfaat Daun Krokot Untuk Kecantikan

Krokot tersebar luas diseluruh dunia, tanaman ini mempunyai 40 jenis kutivar yang sebagian besar dianggap Antropogenik. Tidak diketahui secara pasti, berapa banyak spesis Krokot yang tersebar di Dunia. Tetapi secara umum dianggap sebagai gulma, dan menurut ilmuwan bahwa krokot sudah digunakan sebagai makanan dan obat herba sejak ratusan tahun lalu. Diantaranya manfaat daun krokot untuk kecantikan, selain untuk tanaman hias juga sangat baik digunakan Lovebird untuk pakan kenari. 

Manfaat Daun Krokot Untuk Kecantikan


Adapun beberapa ciri tanaman dapat ditandai dengan batang halus, berwarna kemerahan. Daun krokot tampak berkerumun di sendi batang dan ujung tanaman. ciri bunga berwarna kuning, memiliki lima bagian dan lebarnya 6 milimeter. Krokot akan berbunga pada curah hujan tinggi, dan berbunga setiap saat sepanjang tahun, dan mekar hanya beberapa jam di pagi hari. Krokot memiliki benih berbentuk polong kecil yang terbuka saat benih matang. Tanaman ini memiliki akar tunggang dengan akar sekunder berserat, dan mampu bertahan dilahan keras dan kering.

Manfaat daun krokot untuk kecantikan telah lama digunakan oleh orang-orang Asia. Krokot umumnya tumbuh sebagai gulma, tetapi ada juga yang memakannya sebagai sayuran disebagian besar Eropa, Timur Tengah, Asia, dan Meksiko. Daun krokot berasa sedikit asam dan asin, bahkan seluruh bagian tanaman semuanya bisa dimakan. Rasa asam disebabkan oleh asam oksalat dan asam malat. Asam juga disebabkan karena jalur metabolisme asam klassulacea yang terjadi pada Xerophytes (tanaman hidup dalam kondisi kering). Dibeberapa daerah, daun krokot digunakan sebagai salad, digoreng, atau dimasak seperti bayam, juga sangat baik untuk sup. 

Manfaat daun krokot terkenal diseluruh dunia, tanaman ini terkenal dalam tradisi Tiongkok sebagai Ma Chi Xian. Manfaat daun krokot digunakan untuk menyembuhkan gigitan serangga atau ular, bisul, luka dan mengobati sakit kulit, rasa sakit akibat sengatan lebah, mengobati disentri bacillary, diare, wasir, perdarahan postpartum, dan pendarahan usus.

Daun krokot dianggap sangat efektif secara klinis untuk mengobato Lichen Planus oral. Juga mengandung lebih banyak asam lemak omega-3 daripada tanaman sayuran berdaun lainnya. Krokot mengandung 0,01 mg/gram asam Eicosapentaenoat (EPA), juga mengandung vitamin A, vitamin C, vitamin E (alfa-tocopherol), vitamin B, karotenoid, magnesium, kalsium, potasium, dan zat besi. Konstituen senyawa kimia termasuk Noradrenalin, garam kalsium, dopamin, L-DOPA, asam malat, asam sitrat, asam glutamat, asam asparagik, asam nikotinat, alanin, glukosa, fruktosa, dan sukrosa. 

Manfaat daun krokot untu kecantikan telah lama digunakan sebagai produk pemutih kulit dan mengurangi kerutan wajah dalam bentuk ekstrak. 
Beberapa senyawa seperti alpha-linolenic acid, betakaroten, betasyanin, dan betasyanthin mempunyai efek yang mirip dengan asam arbutin, asam kojat, dan asam askorbat. Senyawa tersebut merupakan bahan pemutih kulit dan mengurangi kerutan. Krokot mengandung zat penghambat enzim Tirosinase yang mampu mencegah kulit gelap. Tanaman krokot diekstraksi dan dipekatkan dengan metode ekstraksi pelarut untuk mengembangkan molekul aktif seperti anti penuaan, pemutihan, dan perbaikan kulit keriput.

Referensi

  • Common purslane: a source of omega-3 fatty acids and antioxidants. Publish by Journal of the American College of Nutrition, 1992.
  • Chinese Herbal Medicine, Materia Medica. By Bensky, publish by China: Eastland Press Inc, 2004.
  • Skin Lightening and Wrinkle Improving Efficacy of Organic Portulaca oleracea Extract in Skin Care Cosmetic. Publish by International Journal of Bio-Science and Bio-Technology, 2013.
  • Portulaca Oleracea L, image courtesy of wikimedia commons.


Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.