Ads Top


Manfaat Tanaman Hias Daun Suplir Untuk Obat Anyang-Anyangan

Mungkin Anda belum mengetahui manfaat tanaman hias daun suplir secara keseluruhan. Tanaman ini tidak hanya sebagai tanaman hias di kebun, tetapi juga memiliki efek herbal sangat baik untuk kesehatan. Suplir dikenal sebagai tumbuhan paku yang sangat populer di Indonesia untuk menghias ruang dan taman. 

Manfaat Tanaman Hias Daun Suplir, Obat Anyang-Anyangan

Suplir dalam bahasa latin disebut juga Adiantum Cuneatum, termasuk dalam marga Adiantum dan tergolong dalam anak suku Vittarioideae, suku Pteridaceae. Ada berbagai jenis tanaman Adiantum, tetapi yang kita gunakan disini adalah suplir. Tanaman suplir sampai saat ini dianggap biasa saja, hanya sebagai hiasan ruangan. Tetapi dari segi kesehatan, suplier termasuk tanaman herba dengan nilai ekonomis, seperti tanaman serai

Manfaat Tanaman Hias Daun Suplir


Tanaman suplir umumnya berkembang dengan memperbanyak diri secara generatif. Biasanya melalui spora yang terletak pada bagian tepi sisi bawah daun yang sudah dewasa. Morfologi suplir berbeda dari tanaman paku lainnya, ciri-ciri tanaman diantaranya:
  1. Tinggi tanaman bisa mencapai 1,3 meter.
  2. Daun suplir cenderung bulat, tidak memanjang dan berwarna hijau. Panjang tangkai daun sekitar 20 hingga 40 cm.
  3. Spora terlindungi oleh sporangium yang dilindungi oleh indusium. 
  4. Tangkai ental berwarna hitam dan mengkilap, kadang-kadang bersisik halus ketika dewasa. 
  5. Daun tumbuh dari rimpang dalam bentuk melingkar ke dalam, dan perlahan-lahan membuka. Akarnya serabut dan tumbuh dari rimpang.
  6. Suplir tidak tahan penyinaran matahari langsung, menyukai tanah yang gembur dan kaya bahan organik. 

Dari segi pemeliharaan, tanaman suplir telah lama digunakan sebagai tanaman hias. Tanaman ini perlu perhatian khusus, tidak bisa dibiarkan kering dan media tanam harus lembab. Yang harus diingat, bahwa kekeringan tidak bisa diperbaiki hanya dengan penyiraman, daun yang kering tidak bisa pulih. Cara praktis dengan dengan membuang seluruh tangkai ental yang kering. Maka dalam beberapa hari tunas baru suplir akan muncul kembali.

Daun Suplir Untuk Obat Anyang-Anyangan


Dari segi penyakit, anyang-anyangan biasanya disebabkan tiga faktor. Termasuk diantaranya bakteri yang berada di saluran buang air kecil. Penyebab anyang-anyangan yang paling umum terjadi karena:
  1. Kesehatan ginjal terganggu, atau Pielonefritis akut. 
  2. Kandung kemih atau sistitis, umumnya penderita merasa tidak nyaman pada perut bagian bawah, panggul terasa seperti ditekan, buang air kecil berulang kali dan terasa nyeri. Yang lebih buruk apabila disertai darah pada urine.
  3. Saluran kencing atau urethritis, penderita merasa kemaluan terasa perih saat buang air kecil. Biasanya disebabkan bakteri yang masuk ke saluran kemih.

Sudah seharusnya kita juga mengetahui manfaat tanaman hias daun suplir untuk kesehatan. Disamping sebagai tanaman hias yang bisa diletakkan di ruangan dan luar ruangan, suplir juga sebagai herbal. Adapun manfaat daun suplir untuk kesehatan adalah untuk melancarkan air seni, dan akar suplir digunakan sebagai obat cacing. 

Menurut beberapa penelitian, daun suplir mengandung saponin, flavonoida dan tanin. Sementara akar suplir mengandung saponin. Untuk memperoleh manfaat maksimal dalam peracikan ramuan herbal, bisa dipraktekkan untuk pembuatan ramuan sebagai berikut:
  1. Untuk melancarkan air seni, ambil sekitar 10 gram daun segar. Kemudian cuci bersih dan direbus dengan 1 gelas air selama 15 menit. 
  2. Tunggu sesaat hingga ramuan menjadi dingin, kemudian saring. Ramuan ini dibagi dua, diminum dua kali sehari setiap pagi dan sore.

Sementara untuk herbal obat cacing juga dilakukan hal yang sama, merebus akar satu tanaman yang sudah di cuci bersih. Manfaat tanaman hias daun suplir sebagai obat herbal setidaknya akan menambah nilai tersendiri, terlebih dari sisi ekonomis. Jadikan setiap tanaman di kebun Anda sebagi obat P3K yang siap petik kapanpun.

Referensi

Tidak ada komentar: