Ads Top

Obat Tradisional Penghancur Batu Ginjal Dari Daun Alpukat


Saat ini banyak orang menderita penyakit batu ginjal atau Urolitiasis. Batu ginjal merupakan sepotong bahan padat atau batu yang terbentuk di ginjal dan keluar melalui saluran kemih. Umumnya, jika batu ginjal masih berukuran kecil, penderita tidak merasakan gejala. Tetapi jika batu ginjal sudah berukuran lebih dari 5 milimeter, batu ini akan menyebabkan penyumbatan Ureter dan terasa sakit pada bagian pinggang atau perut. Para orang tua kita telah mewariskan obat tradisional penghancur batu ginjal dari daun alpukat segar. Ramuan ini setidaknya bisa membantu penderita agar bisa memilih herba yang tepat dan sesuai.

Obat Tradisional Penghancur Batu Ginjal

Penyakit batu ginjal bisa saja mengakibatkan pendarahan dalam urin, sering muntah, dan buang air kecil sangat menyakitkan. Batu ginjal bisa saja terbentuk karena faktor genetika dan lingkungan. Juga disebabkan kadar kalsium urin yang tinggi, obesitas, makanan tertentu, obat-obatan, suplemen kalsium, hiperparatiroidisme, asam urat. Dan yang paling berpengaruh adalah jika seseorang tidak banyak minum air putih. Jika hal ini sudah menjadi kebiasaan, sudah sepantasnya mempersiapkan tanaman obat tradisional penghancur batu ginjal.

Obat Tradisional Penghancur Batu Ginjal


Pengobatan yang paling efektif adalah banyak meminum air putih, disarankan lebih dari dua liter perhari. Pengobatan juga bisa ditambahkan dengan metode diuretik thiazide, sitrat, atau allopurinol. Hindari minuman yang mengandung asam fosfat yang biasanya terdapat dalam Cola. Obat-obatan yang digunakan mengandung anti-inflamasi nonsteroid atau opioid. 

Salah satu obat tradisional penghancur batu ginjal telah lama digunakan nenek moyang kita, seperti halnya memanfaatkan buah alpukat untuk diet. Beberapa jenis tanaman dipercaya mampu menyembuhkan dan menghancurkan batu ginjal, seperti manfaat daun kumis kucing, daun peterseli, dan daun alpukat. Adapun kandungan daun alpukat (Persea americana miller) adalah flavonoid, Quersetin, Polifenol, Tanin Katekat, Kuinon, Steroid/triterpenoid, dan gula alkali persiit. Juga mengandung persin, toksin fungisida yang umumnya tidak berbahaya bagi manusia, tetapi berbahaya bagi hewan piaraan.

Berikut ini ramuan obat tradisional penghancur batu ginjal dari daun alpukat:
  1. Sediakan 7 lembar daun alpukat segar, kemudian iris kecil-kecil. 
  2. Seduh ramuan kedalam 110 ml air panas, atau air yang dipanaskan dengan api kecil sampai mendidih. 
  3. Dosis sekali minum 100 ml, diminum sehari 2 kali setiap pagi dan sore. 

Lakukan pengobatan diatas secara rutin hingga merasakan perubahan pada rasa sakit pinggang. Pengobatan diatas harus diiringi dengan meminum cairan yang banyak, khususnya air mineral lebih dari 2 liter perhari.

Referensi

  • Urinary stone disease: the practical guide to medical and surgical management (1st ed.). Publish by Totowa, New Jersey: Humana Press, 2007. 
  • Isolation and identification of a compound from avocado (Persea americana) leaves which causes necrosis of the acinar epithelium of the lactating mammary gland and the myocardium. Natural Toxins DOI:10.1002/nt.2620030504.
  • Formularium Obat Herbal Asli Indonesia, Depkes.
  • Persea americana leaves, image courtesy of wikimedia commons.


Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.