Ads Top


Penyebab Kanker Serviks Dan Ciri-Cirinya Yang Umum Terlihat

Tidak semua wanita memahami bahwa kanker serviks adalah penyakit berbahaya yang timbul dari serviks. Kanker ini disebabkan oleh pertumbuhan sel abnormal, berkemampuan menyerang, bahkan menyebar ke organ tubuh yang lain. Lalu, bagaimana cara untuk mengenali, mengetahui penyebab kanker serviks dan ciri cirinya? Hal ini tentunya akan menjadi dasar bagi kaum wanita untuk dapat menjaga kesehatannya.

Penyebab Kanker Serviks Dan Ciri-Cirinya

Ada berbagai sumber penyebab utama yang menyebabkan seorang wanita menderita kanker serviks. Bisa saja disebabkan karena faktor keturunan dan tidak menjaga kesehatan bagian intim dengan benar. Penyebab kanker serviks paling memungkinkan karena infeksi Human Papillomavirus (HPV). Kemudian juga disebabkan oleh kutil kelamin yang merupakan tumor jinak, merokok, penggunaan pil kontrasepsi dalam jangka waktu yang lama, dan sering hamil.

Penyebab Kanker Serviks Dan Ciri-Cirinya


Beberapa studi menyebutkan, pengobatan kanker serviks bervariasi. Hal ini disebabkan karena kurangnya tenaga ahli bedah untuk operasi pelvis radikal. Tetapi sejak dahulu para orang tua telah menggunakan metode tradisional untuk membantu penyembuhan kanker serviks. Dan kini metode seperti terapi mulai dikembangkan di negara maju. 

Penyebab Kanker Serviks Dan Ciri-Cirinya

Kanker serviks bersifat radiosensitif, dimana pengobatan sistem radiasi dapat digunakan jika tidak ada ahli bedah. Berikut dijelaskan penyebab kanker serviks dan ciri cirinya:
  1. Menurut studi terakhir, infeksi jenis Human Papillomavirus (HPV) dianggap sebagai faktor risiko terbesar kanker serviks. Infeksi virus HIV juga merupakan faktor risiko yang sering dialami wanita.
  2. Merokok, faktor terbesar kedua penyebab kanker serviks. Baik wanita perokok yang aktif maupun pasif, keduanya meningkatkan risiko kanker serviks. Di antara perempuan terinfeksi HPV. Perokok pasif dikaitkan dengan peningkatan risiko yang lebih rendah.
  3. Kutil kelamin, merupakan bentuk tumor jinak sel epitel. Kutil ini ternyata juga disebabkan oleh berbagai jenis HPV. Umumnya memiliki beberapa strain pada saat yang sama, dapat menyebabkan kanker serviks bersamaan dengan yang menyebabkan kutil.
  4. Penggunaan pil kontrasepsi (kontrasepsi oral) dalam jangka panjang, juga akan mengalami peningkatan risiko kanker serviks. Wanita yang telah menggunakan kontrasepsi oral selama 5 sampai 9 tahun, berisiko tiga kali menderita kanker invasif. Dan wanita yang menggunakan lebih dari 10 tahun akan beresiko sekitar empat kali.
  5. Terlalu sering mengalami kehamilan juga mengalami peningkatan risiko kanker serviks. Wanita yang mengalami lebih dari tujuh kehamilan penuh, berisiko kanker sekitar empat kali lipat dibandingkan dengan wanita tanpa kehamilan.
  6. Wanita yang memiliki banyak pasangan seksual atau berhubungan seks dengan pria yang memiliki banyak pasangan lain. Sangat beresiko menderita kanker serviks.
  7. Sampai saat ini, tidak diketahui secara pasti apa saja penyebab kanker serviks.

Penyebab kanker serviks diatas merupakan hal yang umum terjadi pada penderita saat ini. Meskipun ada banyak penjelasan lain seperti penggunaan bahan kimia pada pembalut wanita, kertas tissue, air pembersih, dan lainnya. Tetapi untuk pencegahan yang paling mudah adalah menjaga kebersihan organ intim.

Ciri-Ciri Dan Gejala Kanker Serviks


Banyak wanita tidak menyadari ciri-ciri gejala awal kanker serviks. Sehingga antisipasi untuk penyakit ini tidak dilakukan semaksimal mungkin. Berikut ini merupakan penjelasan singkat tentang gejala dan ciri-cirinya:
  1. Yang paling tidak disadari, bahwa tahap awal kanker serviks mungkin saja tidak terlihat gejala mendasar.
  2. Perdarahan vagina, pendarahan kontak organ intim dimana salah satu bentuk perdarahan yang paling umum terjadi setelah hubungan seksual. Tetapi sangat jarang vagina mengindikasikan adanya keganasan kanker.
  3. Nyeri selama hubungan seksual dan keputihan. Keduanya merupakan gejala kanker serviks, jika penyakit berlanjut maka metastasis kanker mungkin berada di perut, paru-paru, atau organ lain.

Di seluruh dunia, kanker serviks dianggap sebagai penyebab kanker paling umum keempat. Penyakit ini termasuk penyebab kematian paling umum yang menduduki posisi keempat dari kanker yang diderita wanita. Untuk itu, sangat penting bagi wanita untuk mengetahui penyebab kanker serviks dan ciri cirinya. Setidaknya kaum hawa bisa mengenali, dan kemudian mencegahnya.

Referensi

Tidak ada komentar: