Ads Top

Resep Teh Daun Kelor Untuk Diabetes Mellitus, Kencing Manis


Di Indonesia, tanaman kelor atau Merunggai telah dikenal sebagai salah satu tanaman berkhasiat tinggi. Nama latin tanaman Kelor disebut Moringa Oleifera yang merupakan tumbuhan dari suku Moringaceae, bahasa Inggris menyebutnya Moringa atau drumstick tree. Resep teh daun kelor untuk diabetes mellitus telah lama digunakan orang tua kita sebagai salah satu herba diabetes. Tetapi kini perlahan-lahan ramuan herbal seperti ini sudah jarang digunakan, karena banyaknya produk obat kemasan.

Resep Daun Kelor Untuk Diabetes Mellitus

Ciri tanaman Kelor memiliki ketinggian 7 hingga 11 meter, daun kelor berbentuk bulat telur dengan ukuran kecil-kecil bersusun majemuk dalam satu tangkai. Daun kelor biasanya digunakan sebagai sayur atau obat tradisional. Ciri bunga kelor berwarna putih kekuning-kuningan, tudung pelepah bunga berwarna hijau dan mekar sepanjang tahun. Sedangkan buah kelor berbentuk segitiga memanjang yang disebut kelentang, buah ini juga sering digunakan untuk bahan masakan.

Resep Teh Daun Kelor Untuk Diabetes


Sebelum menggunakan resep teh daun kelor untuk diabetes mellitus, perlu diketahui kandungan yang terdapat dalam daun kelor. Kandungan gizi disetiap 100 gram daun kelor atau berkisar sekitar 5 cangkir, terdapat berbagai vitamin dan senyawa kimia yang penting untuk kesehatan. Daun kelor dianggap bagian yang paling bergizi, sebagai sumber vitamin B, vitamin C, provitamin A sebagai beta-karoten, vitamin K, mangan, dan protein. Nilai ini dianggap tinggi nutrisi jika dikonsumsi setara 100 gram. 

Sebagian orang yang menganggap penting kesehatan, mereka mengeringkan daun kelor untuk digunakan menjadi herba diabetes. Daun kering ini nantinya diseduh kedalam air panas selama beberapa menit, seperti halnya dalam pembuatan teh. Adapun beberapa manfaat daun kelor adalah sebagai berikut:
  1. Daun kelor dipercaya mampu mengurangi berat badan dengan cara menyeduh teh daun kelor. Juga memiliki efek yang bagus untuk menambah energi dan nutrisi penting untuk tubuh. 
  2. Seduhan teh daun kelor untuk mengatasi masalah pencernaan dan meningkatkan fungsi ekskresi, sehingga fungsi ginjal dan hati bekerja optimal.
  3. Konsumsi daun kelor selama 30 hari berturut-turut, dapat membantu penyembuhan sakit jantung dan diabates.
  4. Daun kelor juga bermanfaat sebagai anti kanker, ekstrak daun kelor akan menghambat pertumbuhan sel kanker.

Masih banyak lagi manfaat daun kelor yang belum diketahui banyak orang. beberapa ramuan tradisional juga telah umum digunakan. Berikut ini resep teh daun kelor untuk diabetes mellitus atau kencing manis:
  1. Ambil 15 gram daun kelor segar, kemudian cuci bersih dan masukkan kedalam wadah yang terbuat dari tanah liat atau keramik.
  2. Tambahkan 3 gelas air bersih (air mineral) dan rebus hingga tersisa 1 gelas. Diamkan rebusan hingga dingin, kemudian saring. 
  3. Air rebusan daun kelor diminum segelas, 3 kali sehari. Untuk pembuatan ramuan kedua dan ketiga, gunakan sisa rebusan pertama. 

Resep teh daun kelor untuk diabates di hari selanjutnya, gunakan ramuan baru. Sisa rebusan sebaiknya maksimal digunakan tiga kali. Ulangi pembuatan ramuan ini secara rutin selama 2 hingga 4 minggu.

Referensi



Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.