Ads Top


Cara Mengolah Akar, Bunga, Buah Belimbing Manis Untuk Herba

Tanaman belimbing manis tidak hanya ditanam sebagai hiasan, tetapi juga dibudidayakan untuk obat herba. Maka, tidak jarang masyarakat mulai menanamnya di pekarangan, walaupun dalam pot kecil. Adapun cara mengolah akar, bunga, buah belimbing manis untuk herba, telah lama dipraktekkan oleh orang tua kita. Beliming manis paling sering manjadi hidangan buah kuliner daripada obat herba.

Cara Mengolah Akar, Bunga, Buah Belimbing Manis

Belimbing manis disebut juga Averrhoa Carambola, paling banyak tumbuh di Indonesia. Perkembangan tanaman belimbing manis telah sampai ke daratan Amerika, karena manfaatnya sangat baik mengobati beberapa penyakit. Tidak sedikit orang yang mulaimenyadari pentingnya konsumsi buah belimbing manis. 

Cara Mengolah Akar, Bunga, Buah Belimbing


Ciri tanaman tampak khas, berdaun majemuk yang panjangnya mencapai 50 cm, bercabang banyak dan tumbuh mencapai 5 meter. Umumnya tanaman belimbing sangat mudah berkembang karena tidak memerlukan banyak sinar matahari. Beberapa orang bahkan menjadikan tanaman ini sebagai hiasan di ruangan teduh. Bunga bisa dijadikan herba ampuh, biasanya muncul di ujung dahan dan berwarna merah muda. Buah belimbing manis mengandung banyak air, sari makanan yang berpotensi untuk jadikan jus kesehatan. 

Pada halaman sebelumnya telah dijelaskan resep daun belimbing manis untuk kanker, daun belimbing untuk koreng dan bisul. Adapun efek farmakologis akar belimbing manis berasa asam, netral, kelat atau astringent, analgesik atau menghilangkan rasa sakit, dan anti rematik. Buahnya berasa asam, manis, netral, anti radang, sebagai peluruh liur dan peluruh kemih. Bunganya berasa manis, digunakan sebagai anti malaria. Berikut ini beberapa resep cara mengolah akar, bunga, buah belimbing manis untuk herba:
  1. Cara mengolah akar belimbing untuk mengobati sakit lever: sediakan 12-15 gram akar kering, cuci bersih dan tambahkan air. Kemudian direbus dan diminum.
  2. Cara mengolah akar belimbing untuk mengobati sakit pada sendi, atau rematik: sediakan 120 gram akar segar, cuci bersih dan di iris-iris. Kemudian masukan kedalam 600 cc arak, tutup dan biarkan selama beberapa jam.
  3. Cara mengolah akar belimbing untuk mengobati sakit kepala kronis: sediakan 30-45 gram akar segar yang sudah bersih dipotong kecil-kecil, dan 120 gram tahu. Tambahkan air sampai kedua bahan terendam, haluskan keduanya dan dimakan sehari sekali.
  4. Cara mengolah bunga belimbing untuk mengobati penyakit malaria: sediakan 15 hingga 24 gram bunga belimbing manis yang sudah kering. Kemudian diseduh dengan air panas, teh ini diminum sehari 2 kali.
  5. Cara mengolah buah belimbing untuk mengobati kencing batu: siapkan 5 buah belimbing manis, kemudian direbus dan ditambah madu sebelum diminum.
  6. Cara mengolah buah belimbing untuk mengobati darah tinggi, diabetes mellitus dan kolesterol: sediakan 2 buah belimbing manis, dimakan setelah sarapan pagi dan makan sore. Bisa juga dijadikan juice belimbing manis. Tetapi menurut studi, penderita kolesterol tinggi, penderita diabetes, harus menghindari memakan buah ini karena kandungan gula yang tinggi. sebaiknya memilih buah yang asam atau hijau dengan kadar gula rendah.
  7. Cara mengolah buah belimbing untuk mengobati influenza dan sakit tenggorokan: siapkan 90 hingga 120 gram buah belimbing segar, kemudian di juice dan saring airnya. Minum sehari tiga kali.

Cara mengolah akar, bunga, buah belimbing manis untuk herba tersebut sudah banyak dipraktekkan. Tetapi perlu diketahui, efek samping buah belimbing manis tidak boleh dikonsumsi oleh orang yang bermasalah pada ginjalnya karena mengandung asam Oxalat. Jus yang terbuat dari belimbing lebih berbahaya karena konsentrasi asam yang lebih tinggi. 

Referensi

  • CRC handbook of ayurvedic medicinal plants, Boca Raton, Fla. Publish by CRC Press, Author by L.D. Kapoor (1990).
  • Indian medicinal plants: a compendium of 500 species. Publish by Madras: Orient Longman, 2002.
  • Averrhoa Carambola, image courtesy of wikimedia commons.

Tidak ada komentar: