Ads Top


Manfaat Air Rebusan Jagung Untuk Kecantikan Wajah

Jagung selama ini dianggap sebagai bahan makanan yang dapat menggantikan beras dan mengandung segudang khasiat untuk kesehatan tubuh. Adapun manfaat air rebusan jagung untuk kecantikan wajah dapat membantu mengencangkan kulit, menghilangkan flek hitam dan mengangkat sel kulit mati. Jagung manis dalam bahasa latin disebut Zea Mays dari kelompok Saccharata, kultivar jagung yang paling banyak dikonsumsi masyarakat. 

Manfaat Air Rebusan Jagung Untuk Kecantikan Wajah

Keistimewaan jagung manis karena adanya kandungan gula tinggi (sukrosa) pada saat dipanen, kira-kira 18 hingga 22 hari setelah penyerbukan terjadi. Pengolahan jagung manis umumnya direbus, dibakar, dan digunakan untuk pembuatan bubur. Jagung manis termasuk sayur-sayuran karena segar dan mudah rusak. Sehingga rasa manis tidak bertahan lama, hal ini sangat penting dalam pembuatan herba untuk kesehatan kulit.

Manfaat Air Rebusan Jagung Untuk Kecantikan


Jagung mengandung protein transfer lemak, protein yang tidak dapat dicerna yang bertahan ketika sudah dimasak. Protein ini menyebabkan alergi langka, reaksi alergi dapat menyebabkan ruam kulit, pembengkakan atau gatal pada selaput lendir, diare, muntah, asma dan, pada kasus yang parah, dan anafilaksis. Memasak jagung manis meningkatkan kadar asam ferulic, yang berfungsi sebagai anti kanker

Apa saja manfaat air rebusan jagung untuk kecantikan wajah? Berikut ini penjelasan singkat manfaat yang akan Anda peroleh:
  1. Air rebusan jagung mampu menghilangkan flek hitam pada kulit wajah. Termasuk menghilangkan bekas jerawat, cacar dan iritasi.
  2. Manfaat air rebusan jagung dapat menyegarkan kulit wajah dan bersih. Riset menyebutkan bahwa manfaat air rebusan jagung dapat membuat kulit wajah lebih halus dan kenyal, selain dibilas juga dijadikan bahan masker. 
  3. Tambahkan air rebusan dengan sedikit madu dan sedikit jagung manis, kemudian jadikan ramuan ini sebagai masker untuk menghilangkan flek hitam di wajah. Metode ini juga akan membuat kulit lebih kencang dan mengangkat sel-sel kulit mati. 

Sebagian orang mungkin akan mengalami alergi atau iritasi terhadap manfaat air rebusan jagung. Sebaiknya hentikan pemakaian jika terjadi alergi dan iritasi, terlebih kulit sensitif yang mudah berjerawat.

Referensi

  • Cooking sweet corn boosts its ability to fight cancer and heart disease by freeing healthful compounds, Cornell scientists find. Publish by Cornell News, 2009.
  • Zea Mays, image courtesy of wikimedia commons.

Tidak ada komentar: