Ads Top

Manfaat Bawang Merah Mentah Untuk Demam Dan Batuk Pilek


Bawang merah umumnya disimpan sebagai bumbu masak, dan ada pula yang menggunakannya untuk herba kesehatan. Bawang merah, Onion, nama latin tanaman ini adalah Allium Cepa var Ascalonicum (L) Back, tanaman yang ada di setiap rumah seluruh dunia sebagai bahan masakan. Saat ini banyak orang yang memaksimalkan penggunaannya, manfaat bawang merah mentah untuk demam dan batuk pilek dapat dipraktekkan langsung dan efektif. Rempah ini berasal dari Iran, Pakistan, dan wilayah utaranya, kemudian berkembang di daerah dingin, sub-tropis dan tropis. 

Manfaat Bawang Merah Mentah Untuk Demam

Beberapa resep herba bawang merah menyarankan untuk mengkonsumsi bawang merah mentah, atau bahkan dibuat sebagai infusa. Pada umumnya bawang merah dijadikan sebagai rempah bumbu masakan dan acar, dan daun bawang merah dapat dijadikan campuran sayuran. Nenek moyang kita telah lama mengenal obat tradisional terbuat dari campuran bawang merah, baik untuk mengobati demam, flu dan pilek, perut kembung dan masuk angin.

Manfaat Bawang Merah Mentah Untuk Demam


Tanaman bawang merah mempunyai bunga majemuk berbentuk tandan, bertangkai 50 hingga 200 kuntum bunga. Tangkai tandan bunga sangat panjang, lebih tinggi dari daun mencapai 30 hingga 50 cm. Bakal buah bawang merah terbentuk dari 3 carpel yang membentuk tiga ruang yang masing-masing terdapat 2 calon biji. Bentuk biji agak pipih, dan dapat digunakan sebagai bibit budidaya tanaman secara generatif.

Manfaat bawang merah mentah untuk demam dan batuk pilek, selain itu dapat diolah menjadi herba untuk mengobati maag, masuk angin, menurunkan kadar gula dalam darah, menurunkan kolesterol, obat diabetes melitus, memperlancar pernafasan disebabkan asma, memperlancar aliran darah dan meningkatkan aktivitas fibrinotik. Bawang merah mengandung antiseptik dan antimikroba yang terbentuk dari senyawa alliin. Senyawa ini nantinya diubah menjadi asam piruvat, amonia, dan alliisin.

Setiap orang pernah mengalami demam, terlebih ketika masih berumur anak-anak. Demam merupakan suatu keadaan saat suhu badan melebihi 37 derajat Celcius karena suatu penyakit atau peradangan. Gejala ini merupakan pertanda bahwa sel darah putih sedang melawan virus atau bakteri, tetapi jika demam melebihi 3 hari sebaiknya bergegas ke dokter. Demam seringkali dijumpai pada kasus infeksi anak-anak dan tidak berbahaya. tetapi jika anak yang demam memiliki suhu tinggi berkepanjangan dapat menyebabkan sawan. 

Berikut ini manfaat bawang merah mentah untuk demam dan batuk pilek, dapat dipraktekkan sebagai resep obat herba dirumah untuk keluarga. Pengobatan luar untuk mengobati demam dan batuk pilek karena masuk angin: 
  1. Siapkan 1 sendok makan bawang merah segar yang sudah di iris-iris
  2. Ambil 2 sendok makan minyak kelapa
  3. Minyak kayu putih 1 sendok teh
  4. Campurkan seluruh bahan, kemudian diremas-remas. Kemudian minyaknya dioleskan ke seluruh tubuh, kaki dan tangan.

Pengobatan dari dalam tubuh untuk mengobati batuk pilek:
  1. Siapkan 4 gram bawang merah segar dan 4 gram daun poko
  2. Ditambah 3 gram daun sembung, 4 gram herba daun pegagan, dan 2 gram buah adas
  3. Masukkan seluruh herba kedalam 300 ml air, kemudian direbus hingga air tersisa 100 ml. 
  4. Ramuan ini diminum sehari sekali, dosis 100 ml setiap pagi.

Resep diatas dapat dipilih salah satunya, manfaat bawang merah mentah untuk demam dan batuk pilek sudah sering digunakan orang tua kita. Bawang merah mengandung vitamin C, kalium, serat, dan asam folat, juga mengandung kalsium dan zat besi, mengandung hormon auksin dan giberelin. 

Referensi

  • Varietal Differences in Phenolic Content and Antioxidant and Antiproliferative Activities of Onions. Journal of Agricultural and Food Chemistry, 2004. DOI:10.1021/jf0307144
  • Roots Red Onion, image courtesy of wikimedia commons.


Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.